Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Gas Portabel Meledak Saat Masak di Tenda, Pendaki Alami Luka Bakar

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

11 - May - 2024, 15:03

Placeholder
Dua korban ledakan gas portabel di Gunung Prau, Jateng, Sabtu (11/5) pagi. (Foto: Instagram)

JATIMTIMES - Belum lama ini di media sosial platform Instagram tengah dihebohkan dengan rekaman video beberapa pendaki yang menjadi korban ledakan gas portabel. Insiden gas meledak tersebut terjadi di Gunung Prau, Jawa Tengah, pada Sabtu (11/5) pagi. 

Dalam video yang dibagikan akun @ranger_prau, terlihat dua pendaki pria yang mengalami luka bakar akibat ledakan gas. Salah satu pendaki terlihat berdarah di bagian bawah mulut. Selain itu, celana bagian kiri yang dikenakan juga robek. 

Baca Juga : Ranu Regulo: Destinasi Wisata Berkemah dengan Nuansa Eropa di Lumajang

Sedangkan pendaki lainnya tampak di bagian wajah kemerahan. Diduga bagian wajahnya terbakar akibat ledakan gas portabel. 

Dalam keterangan yang dibagikan dijelaskan jika rombongan dari Jakarta Selatan yang berjumlah 10 orang sedang memasak di tengah-tengah tenda. Tanpa disadari oleh para pendaki, ternyata ada kebocoran gas portabel. 

"Sehingga terjadi ledakan yang mengakibatkan 3 tenda hancur terbakar dan 2 orang mengalami luka bakar," jelasnya. 

"Dua korban terdampak dari rombongan bersepuluh asal Jakarta selatan ini harus dilarikan ke @shelteremergency.id guna untuk mendapatkan pertolongan pertama. Semoga korban bisa segera terkondisikan," imbuh keterangannya. 

Dalam video lainnya juga terlihat korban ledakan gas portabel di Gunung Prau ditandu oleh para Ranger Prau. Tampak seorang korban ledakan nampak lemas terlentang dan diangkat oleh tiga orang.  

"Proses evakuasi pendaki terdampak tabung gas portabel meledak di gunung prau, sesampainya di basecamp korban langsung di larikan ke rumah-sakit untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut," tulis akun @ranger_prau. 

Sontak unggahan itu pun menuai beragam reaksi dari warganet. Beberapa warganet mengimbau agar saat melakukan pendakian tidak memasak di dalam tenda. 

Baca Juga : Gempa Guncang Lumajang Sebanyak Dua Kali, Terasa hingga Malang

"Gas refil maupun gas baru tetap beresiko kalo masak didalam tenda, kebocoran bisa jadi dari kompor juga. Kesalahn fatal pertama yang dilakukan korban adalah masak dalam tenda," @yellowish****. 

"Gas refil kah? Lagian kenapa memasak didalam tenda, kalau ada kebocoran gas jadinya ngumpul disitu gasnya, sekalinya pemantik api nyala bakal meledak.. beda kalau kebocoran gasnya posisi diruangan terbuka, gasnya nenyebar jadi pas ada pemantik nyala efeknya ga begitu besar," @ervansaput****. 

"Gas meledak dalam tenda, apa mgkn karena tidak ada ny ventilasi yang cukup, di dalam tenda dan mungkin lebih baiknya, kegiatan seperti ini dilakukan di luar tenda," @hajar_pras****. 

"Dibiasakan masak jgn didalam tenda. Semoga buat pembelajaran semua. Lekas sembuh mase," @imron_mai*****. 


Topik

Peristiwa Gunung Prau gas meledak pendakian



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri