Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Wisata

Ramai Pengunjung, Pelaku UMKM Kayutangan Heritage Buka Lebih Awal

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Nurlayla Ratri

11 - May - 2024, 13:03

Placeholder
Salah satu kafe yang ada di Kampung Kayutangan Heritage (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pada musim libur panjang, pelaku UMKM di Kampung Kayutangan Heritage membuka lapak sejak pagi hari. Hal itu di luar kebiasaan, biasanya para pemilik lapak membuka sekitar pukul 14.00 WIB.

Ketua Pokdarwis Kayutangan Heritage, Mila Kurniawati mengatakan bahwa sejak memasuki masa libur panjang, banyak pelaku UMKM yang membuka lapak lebih awal. Hal itu untuk mencoba peruntungan karena banyak wisatawan yang datang sejak pagi hari.

Baca Juga : Seorang Pria Jadi Korban Penganiayaan di Rampal, Polisi Lakukan Penyelidikan

“Biasanya rata-rata jam 14.00 atau 15.00 WIB baru mulai (buka). Saat ini mulai pagi sudah jualan kalau libur,” kata Mila kepada JatimTIMES, Sabtu (11/5/2024).

Dalam catatan Pokdarwis Kayutangan Heritage, pelaku UMKM mencapai 200an. Namun mereka semua tidak selalu memiliki tempat yang luas.

“Mereka tidak selalu punya tempat, secara total 200 sekian, tapi kalau lapak yang bisa dikunjungi ada 25an,” ujar Mila.

Mila mengaku pada libur panjang ini ada lonjakan dari pengunjung. Sehingga pihaknya juga berfikir untuk rumah di sekitar tempat UMKM jualan.

“Sebenarnya tidak memikirkan pelakunya aja tapi kanan kirinya, karena kan sampah dan lainnya juga terdampak,” ujar Mila.

Oleh karena itu, saat ini Mila mengimbau kepada pelaku UMKM agar tidak memberikan kursi tambahan di depan lapak. Hal itu agar tidak menganggu lalu lintas pejalan kaki pengunjung lainnya.

“Tapi kalau memang malam itu agak lumayan padat. Kalau usaha juga tidak boleh kursi sampai ke jalan, paling banyak mentok di 30 orang sepertinya setiap lapak, tapi kan gantian, ada yang keluar dan ada yang masuk,” ujar Mila.

Kampung Kayutangan Heritage saat musim libur panjang (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

Dalam hal ini, Mila mengaku juga terus melakukan pengawasan dan pemantauan. Karena lonjakan pengunjung terlihat sangat banyak ketika libur panjang.

“Kami lebih ke pengawasan. Kalau jadwal tertentu sudah ada pengamanannya, pemantauan aja kalau weekend. Kalau sudah tanggal merah gini banyak keluarga yang jalan jalan. Perhari yang bertugas sekitar 10-12,” tukas Mila.

Diberitakan sebelumnya, lonjakan wisatawan di Kota Malang sudah terlihat sejak awal Mei 2024. Dan pada libur panjang ini, diprediksi wisatawan juga akan terus berdatangan.

Baca Juga : Bertemu Direktur Kemenparekraf, Senator Ning Lia Sebut Peluang Besar Kuliner di Dunia Pariwisata

JatimTIMES mengambil sampel pada wisata Kampung Kayutangan Heritage. Pada pekan kemarin, wisatawan yang tercatat di Kampung Kayutangan Heritage mencapai empat ribuan.

“Biasanya seminggu masih sekitar dua ribu sampai dua ribu lima ratus, kemarin sudah empat ribu. Kalau hari ini tadi belum hitung. Tapi setengah hari saja tadi ini sudah mencapai Ima ratusan pengunjung,” kata Ketua Pokdarwis Kayutangan Heritage, Mila Kurniawati saat ditemui JatimTIMES, Kamis (9/5/2024).

Mila mengatakan bahwa kenaikan wisatawan itu bisa dikatakan mencapai 20 persen per hari. Dan puncaknya selalu pada weekend atau mulai hari Jumat, Sabtu dan Minggu.

Disini, Mila mengaku Kayutangan Heritage menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Sebab, saat ini kampung wisata yang terletak di Kecamatan Klojen, Kota Malang ini menjadi jujukan baru bagi warga lokal ataupun bahkan dari luar kota.

“Mungkin saat ini Kayutangan Heritage jadi daya tarik sendiri ya. Meski banyak orang yang jalan-jalan diluar, pasti juga mereka 'terdorong' masuk kampung wisata ini,” beber Mila.


Topik

Wisata Kayutangan Heritage umkm jam buka



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Nurlayla Ratri