Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Ekonomi

Workshop Creative Art Cafe Omah Semut di Bulukerto Jadi Insipirasi Pengembangan Industri Kreatif Kota Batu

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : Nurlayla Ratri

11 - May - 2024, 13:01

Placeholder
Workshop Creative Art Cafe Omah Semut di Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.(Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Geliat industri kreatif di wilayah berlabel kota wisata menjadi pekerjaan rumah pemerintah daerah. Sebab, wisata diharapkan dapat berdampak pada tumbuhnya ekonomi termasuk melalui SDM kreatif agar ikut berdaya dan merasakan kesejahteraan.

Hal tersebut disampaikan Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai. Pihaknya berupaya mengangkat produsen produk kreatif Kota Batu. Salah satu yang menarik, Workshop Creative Art Cafe Omah Semut milik Agus Rujito di Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Baca Juga : Tempel Krisdayanti di Puncak Hasil Polling Pilkada Batu, Didik Gatot Subroto Masih Enggan Berkomentar

Workshop tersebut, bagi Aries, menjadi inspirasi pengambangan industri kreatif yang ada dengan produk-produk kesenian yang memiliki nilai keunikan yang tinggi.

"Ini salah satu inspirasi ekonomi kreatif dari warga yang sudah berkembang saat ini," ujar Aries saat berkunjung, belum lama ini.

Galeri Workshop Creative Art Cafe Omah Semut itu memproduksi beragam produk kreatif seperti patung singa, kura-kura, dan berbagai macam miniatur icon wisata dunia.

Ia melihat langsung workshop tempat pembuatannya sembari ikut belajar. Saat ini workshop sedang melakukan pembuatan pesanan dari salah satu perusahaan untuk dijadikan display ruangan.

Saat ini diketahui workshop kreatif omah semut memiliki 8 pekerja seni. Saat ini, workshop tersebut sedang mengerjakan 160 miniatur berbagai produk seni, pesanan dari sebuah perusahaan berskala nasional.

Baca Juga : Bertemu Direktur Kemenparekraf, Senator Ning Lia Sebut Peluang Besar Kuliner di Dunia Pariwisata

Mereka juga memproduksi berbagai macam patung baik dari bahan resin dan semen untuk diletakkan di destinasi wisata.

Aries berujar, dengan karya yang sudah dikenal di berbagai daerah, tentu dapat semakin menginspirasi berkembangnya industri kreatif di Kota Batu. 

"Beberapa karya tema serangga dengan karakter unik, sangat bagus bisa dipasang di alun-alun sehingga bisa mempercantik kawasan alun-alun," ucap Aries.


Topik

Ekonomi Omah Semut Kota Batu Aries Paewai



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

Nurlayla Ratri