Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Wisata

320 Pemancing Mania Ikuti Fishing Festival di Kawasan Pantai Bimorejo Banyuwangi

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

10 - May - 2024, 21:27

Placeholder
Spot mancing yang belum banyak dieksplore oleh mancing mania di wilayah utara pantai Banyuwangi (foto: Nurhadi/ BanyuwangiTIMES)

JATIMTIMES- 320 pemancing mania dari beberapa kabupaten/ kota di Indonesia akan mengikuti Fishing Festival 2024 yang akan digelar selama dua hari di Kawasan Pantai Bimorejo Banyuwangi Jawa Timur (Jatim) pada 11 – 12 Mei 2024.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perikanan Suryono Bintang Samudra, para peserta terbagi dalam 80 regu yang akan menggunakan 80 dari 100 kapal nelayan setempat yang dinilai layak.

Baca Juga : Bukan Cuma Marshanda, Ini Daftar 5 Selebriti Tanah Air yang Alami Bipolar

Dia menuturkan peserta berasal dari kabupaten/ kota di Indonesia antara lain; Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Timur (Kaltim), Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB),  Nusa Tenggara Timur (NTT), Bali dan Jawa Timur serta satu regu dari negara Vietnam.

“Satu regu terdiri dari 4 orang ditambah satu juru mudi kapal sehingga total ada 400 peserta yang ikut dalam Fishing Festival di Kawasan Pantai Bimorejo. Banyuwangi sebagai tuan rumah mengikutkan 20 regu,” ujar pejabat yang akrab disapa Bintang itu pada Jumat (10/5/2024).

Sekanjutnya dia mengungkapkan even mancing yang digelar dimaksudkan antara lain; mengeksplorasi spot mancing atau fishing ground di wilayah utara pantai Banyuwangi yang sebenarnya kaya dengan berbagai jenis ikan.

Selanjutnya sebagai salah satu cara untuk menggerakkan ekonomi kreatif di wilayah utara dan cara mencegah serta menanggulangi dugaan masih adanya praktik penangkapan ikan yang menggunakan boom.

“Dengan semakin banyaknya warga dan wisatawan yang melakukan aktivitas memancing di kawasan Bimorejo dan sekitarnya akan mampu mengurangi dan menghilangkan praktik penggunaan bom dalam menangkap ikan yang merusak lingkungan alam dan biota laut,” tambah Bintang.

Para peserta Fishing Festival memiliki waktu sekitar 8 jam untuk unjuk kemahiran dan keterampilan dalam memancing ikan. Mereka akan melaksanakan lomba mulai pukul 05.00 sampai dengan pukul 13.00 WIB.

Baca Juga : Siapkan 4 Atlet Baru, Akuatik Kota Malang Songsong Porprov IX Jatim 2025

Bintang menambahkan bagi para juara panitia lomba menyiapkan total hadiah sebesar Rp 40 juta, trophy dan piagam penghargaan.

”Ditambah dengan Alat Pelacak Ikan (fish fender) dan Sistem Pemosisi Global atau Global Positioning System (GPS)) adalah sistem untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan bantuan penyelarasan (synchronization) sinyal satelit.

Ke depan pemerintah berharap mancing mania banyak yang melakukan aktivitas di wilayah utara pantai Banyuwangi sebagai bagian dari upaya pemerataan pembangunan untuk menggerakkan perekonomian dan ekonomi kreatif.

”Nelayan bisa mendapatkan tambahan pendapatan dengan menyewakan kapal mereka sekaligus bisa memancing dengan tanpa mengeluarkan biaya lagi,” pungkas Bintang.


Topik

Wisata Fishing Festival Festival Memancing mancing mania banyuwangi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Sri Kurnia Mahiruni