Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik Pilkada Kabupaten Malang 2024

Gerindra-Golkar Sepaket di Pilkada Kabupaten Malang Usai Sanusi Tidak Direkom Golkar

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

10 - May - 2024, 21:14

Placeholder
Sekretraris DPC Partai Gerindra Kabupaten Malang Zia'ul Haq saat ditemui di Gedung DPRD Kabupaten Malang, Rabu (8/5/2024). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Usai Partai Golongan Karya (Golkar) tidak memberikan rekomendasi kepada petahana kepala daerah HM. Sanusi sebagai Bakal Calon Bupati (Bacabup) Malang di Pilkada Kabupaten Malang tahun 2024, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) akan memperkuat komunikasi dengan Partai Golkar. 

Sekretaris DPC Partai Gerindra Kabupaten Malang Zia'ul Haq menyampaikan, bahwa pihaknya telah lama menjalin komunikasi dengan Partai Golkar. Terlebih lagi, Gerindra dan Golkar merupakan dua partai politik (parpol) yang menjadi bagian dari parpol pengusung Calon Presiden RI Prabowo Subianto dan Calon Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka di Pemilu 2024. 

Baca Juga : Chusni Mubarok Siap Maju Calon Bupati Malang, Masuk 3 Besar Polling JatimTIMES

"Gerindra dengan Golkar kita sudah kesepakatan satu paket. Bersama-sama untuk mendukung, mendorong, siapa figur yang kita persiapkan untuk maju," ujar Zia'ul Haq kepada JatimTIMES.com. 

Politisi Partai Gerindra yang juga sebagai anggota DPRD Kabupaten Malang ini menuturkan, meskipun satu paket dengan Partai Golkar, pihaknya mengaku berbeda dalam menyikapi petahana kepala daerah. 

Zia'ul Haq nengatakan, bahwa Partai Gerindra sangat-sangat terbuka bagi siapapun. Baik, dari internal maupun eskternal, serta baik dari para politisi senior maupun politisi baru. Termasuk kepada petahana kepala daerah. 

Sikap tersebut berbeda dengan Partai Golkar yang secara tegas menyampaikan, bahwa di Pilkada Kabupaten Malang tahun 2024, Partai Golkar tidak memberikan rekomendasi kepada HM. Sanusi sebagai Bakal Calon Bupati Malang. 

"Gerindra welcome kepada siapapun termasuk ke petahana. Petahana mau silaturrahmi ke Gerindra, monggo kita persilahkan. Kita nggak masalah, kita nggak akan menggaris kita tidak akan menggandeng petahana, Gerindra masih terbuka terhadap figur siapapun. Baik petahana maupun baru," jelas Zia'ul Haq. 

Lebih lanjut, kontestasi Pilkada Kabupaten Malang tahun 2024 akan semakin panas dengan manuver-manuver yang dilakukan oleh para politisi. Menurut Zia'ul Haq, segala macam kemungkinan di dalam politik bisa saja terjadi. 

"Bisa saja kemungkinan Gerindra, Golkar, NasDem, PKB. Bisa saja Gerindra, Golkar, PDI Perjuangan. Semua serba mungkin. Rekom partai juga belum turun," terang Zia'ul Haq. 

Baca Juga : MKKS SMPN dan Satap Kabupaten Malang Harapkan Malang Makmur Bisa Dilanjutkan

Menurut Zia'ul Haq, Gerindra merupakan parpol di Indonesia yang saat ini menjadi incaran banyak parpol. Terlebih lagi, pada Pemilu 2024 lalu, pasangan Prabowo-Gibran mendapatkan 65 persen suara di Kabupaten Malang. 

Selain itu, perolehan kursi keanggotaan legislatif dari Partai Gerindra juga mengalami kenaikan. Mulai dari keanggotaan DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur (Jatim) V atau Malang Raya yang sebelumnya cuma satu kursi, pada Pemilu 2024 mendapatkan dua kursi. 

Lalu, di pertarungan DPRD Provinsi Jatim dengan dapil Jatim VI atau Malang Raya, Gerindra mendapatkan dua kursi dan Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Malang Chusni menempati urutan pertama dengan capaian suara tertinggi di dapil Jatim VI. 

Selanjutnya, di keanggotaan DPRD Kabupaten Malang, perolehan kursi Partai Gerindra bertambah di Pemilu 2024. Dari tujuh kursi, naik menjadi delapan kursi DPRD Kabupaten Malang. 

"Artinya ibarat gadis ini, kita sedang jadi incaran. Bukan berarti kita menjadi partai sombong. Kita tetap membuka peluang untuk siapapun, baik secara bobot, popularitas, dan elektabilitas itu dia mumpuni untuk kita tarungkan. Baik dari internal maupun eksternal yang kita siapkan," pungkas Zia'ul Haq.


Topik

Politik Pilkada Kabupaten Malang Kabupaten Malang pilkada gerindra zia'ul haq golkar calon bupati Malang chusni mubarok



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Sri Kurnia Mahiruni