Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Selebriti

Bukan Cuma Marshanda, Ini Daftar 5 Selebriti Tanah Air yang Alami Bipolar

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

10 - May - 2024, 17:22

Placeholder
Aktris Marshanda yang dikenal mengalami Bipolar sejak 2009. (Foto: Instagram)

JATIMTIMES - Di antara sorotan lampu panggung dan kamera, kehidupan para artis seringkali menjadi objek perhatian publik. Namun, di balik ketenaran dan kemegahan itu, beberapa artis Indonesia menghadapi perjuangan yang kurang dikenal, yaitu penyakit bipolar. 

Sebagaimana diketahui, bipolar adalah gangguan mental yang ditandai oleh perubahan mood yang ekstrem. Yaitu antara episode mania (periode mood yang sangat tinggi, meningkat, atau terangsang) dan episode depresi (periode mood yang sangat rendah, sedih, atau kelelahan). 

Baca Juga : Jadi Satu Paket, Galuh dan Mashudi Daftar Cakada di PKB Kota Blitar: Visi Perbaiki Iklim Pemerintahan

Orang yang mengalami bipolar dapat mengalami perubahan mood yang drastis dan tiba-tiba, serta memiliki periode di mana mereka merasa normal. Gangguan bipolar dapat memengaruhi cara seseorang berpikir, merasa, dan berperilaku, dan memerlukan perawatan medis serta dukungan psikososial untuk pengelolaannya.

Berikut ini beberapa artis di Indonesia yang mengaku blak-blakan mengalami masalah pada kesehatan mentalnya, khususnya bipolar. 

1. Marshanda 

Yang pertama ada artis Marshanda yang menderita gangguan mental bipolar. Pada 2009, dirinya menghebohkan publik karena mengunggah sejumlah video di mana dirinya mengungkapkan kesedihannya. Video itu pun ramai diperbincangkan masyarakat.

Selang beberapa waktu, baru diketahui jika Marshanda didiagnosa bipolar. Perasaan sedih tentu dialami ibu satu anak itu. Dia pun harus menjalani pengobatan dan masih mengonsumsi obat-obatan hingga saat ini.

2. Rachel Vennya

2

Pada 2020, Rachel Vennya juga mengejutkan publik lewat pernyataan resminya di media sosial bahwa dia didiagnosa mengidap bipolar. 

Janda dua anak ini mengaku sulit mengontrol emosinya sejak kecil. Bahkan ketika kumat, dia bisa nangis tiba-tiba hingga melukai dirinya sendiri.

3. Awkarin

3

Beberapa waktu lalu, Awkarin juga mengaku telah mengidap mild bipolar atau bipolar ringan. Bahkan ketika penyakitnya kumat, dia pernah nyaris bunuh diri.

Karena kondisi tersebut, Awkarin juga mengalami gangguan sulit tidur. Karena hal itu, dia pun melakukan konsultasi ke psikolog untuk melakukan penyembuhan. Beruntung saat ini kondisinya sudah membaik.

4. Medina Zein

4

Medina Zein masuk dalam deretan artis yang mengidap bipolar. Sudah lebih dari 3 tahun dia mengalami gangguan mental tersebut. Dia pun mengonsumsi obat-obatan hingga melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengatasi masalah penyakitnya. Bahkan Medina sempat bertandang ke Amerika Serikat untuk penyembuhan.

Saat ini, Medina Zein juga sedang menjalani masa hukumannya di Lapas kelas IIA Pondok Bambu, Jakarta Timur. Ia dipenjara atas kasus pengancaman dan pencemaran nama baik

5. Cerelia Raissa

5

Masalah kesehatan mental pernah dialami artis FTV, Cerelia Raissa sejak masih duduk di bangku SD. Ia mengaku mulanya merasa tidak normal seperti teman sebayanya. Saat itu, ia merasa anak-anak SD yang seharusnya bahagia dan riang, dirinya justru merasa iri dan cemburu.

Saat SMP, barulah ia berkonsultasi ke psikiater dan didiagnosa bipolar dan anxiety disorder. Sejak itu, Cerelia rutin berkonsultasi dan melakukan terapi ke psikiater.

Tetapi seiring berjalannya waktu, Cerelia kembali didiagnosis gangguan mental yang lain, yaitu Borderline Personality Disorder (BPD), Binge Eating Disorder dan Anorexia Disorder. 

Demikian 5 selebriti tanah air yang alami penyakit Bipolar. 


Topik

Selebriti bipolar artis



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri