Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik Pilkada Kota Batu

PKB Kota Batu Segera Buka Pendaftaran Cakada Bulan Ini

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : Yunan Helmy

10 - May - 2024, 14:15

Placeholder
DPC PKB Kota Batu pekan depan rencananya membuka pendaftaran resmi secara offline di Kota Batu untuk cawali di Pilkada 2024.(Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Partai politik (parpol) tengah menyusun strategi untuk meramaikan kontestasi pilwali atau pilkada di Kota Batu menyusul munculnya nama-nama yang masuk pada bursa calon wali kota. Salah satunya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)  yang merupakan pemenang Pileg 2024 dengan perolehan jumlah kursi sama dengan PDIP di DPRD Kota Batu.

Namun, hingga saat ini DPC PKB Kota Batu belum membuka pendaftaran bakal calon wali kota maupun calon wakil wali kota secara resmi meski sudah membentuk Tim Penjaringan Pilkada 2024.

Baca Juga : Pejabat Pemkot Blitar Suharyono Daftar Calon Wali Kota lewat PDIP

Ketua Desk Pilkada DPC PKB Kota Batu Asep Ghozy Sulaiman menerangkan, pihaknya memang telah membuka pendaftaran hanya melalui online di situs DPP PKB. Yakni mulai buka sejak 20 April hingga 20 Agustus 2024. Sedangkan pendaftaran secara offline memang belum dibuka.

"Untuk DPC PKB Kota Batu insy Allah di bulan Mei 2024 ini. Dalam waktu dekat. Karena kita harus mempersiapkan segala sesuatunya," ujarnya, Jumat (10/5/2024).

Mengenai pendaftaran yang belum juga dibuka resmi di Kota Batu, Asep menyebut bukan menjadi masalah besar. Kendati parpol lain sudah membuka pendaftaran terlebih dahulu, batas waktu pengajuan bakal pasangan calon wali kota maupun wakil wali kota masih cukup panjang. "Doakan minggu depan sudah bisa dibuka," ucapnya.

Seperti diketahui, sejumlah partai sudah mulai membuka pendaftaran calon wali kota maupun calon wakil wali kota. Nantinya mereka akan dipertimbangkan untuk diusung dalam Pilkada Kota Batu. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) adalah salah satu partai yang telah membuka pendaftaran calon hingga memunculkan sosok-sosok populer.

Beberapa tokoh populer yang hendak mendaftar melalui PDIP di antaranya  Krisdayanti, artis sekaligus anggota DPR RI komisi IX. Selain itu, ada Wakil Bupati Malang periode 2021-2024 Didik Gatot Subroto. Didik telah mengambil formulir pendaftaran bakal calon wali kota PDIP Kota Batu beberapa waktu lalu. Sementara formulir untuk Krisdayanti diambil oleh tim relawan.

Baca Juga : Dishub Kota Batu Tak Tambah Kamera ETLE: Kita Sudah Terbanyak Kedua di Jatim

PKB dan PDIP dipastikan menjadi dua partai yang memiliki jumlah kursi tertinggi di DPRD Kota Batu. Dari total 30 kursi, PKB dan PDIP masing-masing mengantongi 6 kursi.

PKB Kota Batu, kata Asep, terbuka menerima siapa pun yang akan mendaftar baik. warga dari Kota Batu maupun luar kota. Pihaknya memastikan bakal memberikan hak dan porsi yang sama untuk mendaftar ke PKB.

"DPP nanti akan menentukan. Tidak hanya kader yang berpotensi untuk menjadi calon. Bagi kader-kader PKB atau masyarakat umum  baik dari Kota Batu atau luar, kami beri porsi yang sama," pungkas Asep.


Topik

Politik Pilkada Kota Batu PKB Kota Batu Kota Batu pendaftaran pilkada



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

Yunan Helmy