Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

Rizky Febian dan Mahalini Akad Hari ini, Berikut Sederet Keistimewaan Menikah Hari Jum'at Menurut Islam

Penulis : Mutmainah J - Editor : Dede Nana

10 - May - 2024, 07:35

Placeholder
Rizky Febian dan Mahalini Raharja. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Pernikahan antara Rizky Febian dan Mahalini Raharja selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Terkait dengan kapan dan di mana pernikahan tersebut akan berlangsung, paman Sule yang juga kakek dari Rizky Febian, Deni Uwaw sempat membocorkan acara pernikahan Rizky dengan Mahalini. 

Deni mengungkap tanggal akad nikah Rizky Febian dan Mahalini. Ia mengatakan, Rizky Febian dan Mahalini melangsungkan akad pernikahan pada 10 Mei 2024 mendatang.

"Nanti tanggal 10 akadnya," katanya, beberapa waktu lalu. 

Baca Juga : Mengenal Istilah Populer Kopi: Dari Karakter, Rasa dan Aroma Saat Meminumnya

Tanggal yang disebut oleh Deni itu bertepatan degan hari ini, yaitu hari Jumat. Menikah di hari Jumat rupanya memiliki sejumlah keistimewaan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa keistimewaan jika menikah di hari Jumat:

Hari Terbaik

Keistimewaan yang pertama adalah, bahwa hari jum’at merupakan hari yang dianggap sebagai hari baik. Pasti sangat tepat jika pada hari yang baik ini, anda sempurna dengan mengadakan pernikahan. 

Pernikahan di sini adalah acara ijab dan Qabul, sedangkan untuk resepsi dapat dilakukan kapan saja. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 “Hari terbaik saat matahari terbit adalah hari Jumat. Di hari ini, Adam diciptakan; di hari ini, beliau dimasukkan ke dalam surga, di hari ini pula, beliau dikeluarkan dari surga. Di hari Jumat terdapat satu waktu, apabila ada seorang hamba yang berdoa memohon kepada Allah pada waktu itu, maka Allah akan memberikannya.” (HR. Ahmad 10823, Turmudzi 493 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Hari Paling Agung

Dalam hadis dari Abu Lubabah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya hari jumat adalah sayyidul ayyam dan hari paling agung di sisi Allah”. (HR. Ahmad 15947, Ibn Majah 1137, dan dihasankan al-Albani).

Berdasarkan hadist diatas, dijelaskan bahwa hari jum’at merupakan hari yang agung. Tentu saja hal ini menjadi sangat tepat digunakan sebagai hari menikah. Sebab pada hari ini semua keagungan Allah SWT akan dinampakan.

Hari Raya Islam

Secara tegas, beberapa pendapat para ulama menyatakan bahwa sangat disarankan untuk menikah atau melakukan akad nikah di hari jumat. Sebab hari jumat merupakan hari yang istimewa dalam islam, serta juga merupakan hari raya islam.

Di mana tepat pada hari Jum'at Nabi Adam AS diciptakan oleh Allah SWT di surga. Sebagaimana Ibnu Qudamah mengatakan,melakukan akad nikah pada hari jumat, karena beberapa ulama salaf menikmati hal itu, di antaranya, Samurah Ibnu Habib, Rasyid bin Said, dan Habib bin Utbah. Di samping, ini merupakan hari yang istimewa dan hari raya islam. Di hari ini, Adam ‘alaihis salam diciptakan. (al-Mughni, 7/428).

Hari yang Dianjurkan

Baca Juga : Babak Pertama, Indonesia Tertinggal Satu Gol dari Guinea

Keterangan lain disampaikan an-Nafrawi al-Maliki, “Dianjurkan khitbah (lamaran) dan akad nikah dilakukan hari jumat setelah asar, karena mendekati waktu malam.” (al-Fawakih ad-Dawani, 2/11).

Tentu saja pernyataan diatas menegaskan bahwa hari jum'at menjadi keutamaan bagi umat islam untuk mengadakan lamaran atau juga akad nikah. Tentu saja ini adalah anjuran dasar bahwa memang hari terbaik untuk menunaikan salah satu sunnah rasul ini.

Mendapatkan Keberkahan

Keutamaan dari melaksanakan akad nikah pada hari jum'at adalah diharapkan baik kedua mempelai atau keluarga akan mendapatkan keberkahan. Sebab sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa hari ini merupakan hari yang lebih baik untuk menjalankan pernikahan. Tentu saja ini merupakan hal yang diharapkan dan nantinya akan menjadi bekal saat menjalankan bahtera rumah tangga.

Waktu Mustajab Di mana Doa Dikabulkan

Hari Jum’at sendiri merupakan hari di mana do’a akan dikabulkan dan merupakan waktu yang mustajab. Tentu saja hal ini sangat baik, terutama ketika mendoakan atas kedua mempelai. Maka mudah-mudahan apa yang diharapkan dan segala kebaikan tercurah pada kedua mempelai dan calon keturunannya.

Hari Yang Diberkahi

Jum'at menjadi hari yang amat diberkahi, sebab pada hari ini segala kebaikan akan tercurah. Sehinnga sangat tepat tentunya jika bertepatan dengan diadakannya akad nikah. memastikan kebahagiaan ini juga akan hadir dalam acara, kedua mempelai dan juga keluarga serta sanak saudara yang hadir dalam doa restunya.


Topik

Serba Serbi rizky febian mahalini nikah hari jumat hari jumat



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Dede Nana