Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Pemkab Malang Bakal Renovasi Polindes Srigonco, Lama Berhenti Beroperasi Terdampak Gempa

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : A Yahya

09 - May - 2024, 19:13

Placeholder
Bupati Malang HM. Sanusi (pakai peci) saat meninjau setiap sudut bangunan Polindes di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur yang berhenti beroperasi sejak 2023 silam lantaran terdampak gempa, peninjauan dilakukan pada Kamis (9/5/2024).

JATIMTIMES - Bupati Malang HM. Sanusi melakukan peninjauan Pondok Bersalin Desa (Polindes) Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Kamis (9/5/2024). Peninjauan dilakukan lantaran Polindes Srigonco tersebut sudah lama tidak beroperasi akibat terdampak gempa bumi.

Dari pantauan JatimTIMES, hampir semua sudut bangunan dalam kondisi memprihatinkan. Tidak hanya retak, sebagian bangunan juga ada yang nyaris roboh.

Baca Juga : Pemberdayaan Pasar Induk Among Tani Belum Maksimal, Ini Kata Pelaku Ekraf Kota Batu

Bahkan, sisa material dari dampak gempa bumi juga berguguran di beberapa perabotan dan bangunan di Polindes Srigonco tersebut. Selain dinding, beberapa sudut plafon juga ada yang jebol.

Demi alasan keamanan, dengan terpaksa Polindes Srigonco akhirnya tidak dioperasikan sejak tahun 2023. "Nantinya Polindes di Desa Srigonco ini akan di renovasi. Namun masih akan dilakukan peninjauan lanjutan," ujar Sanusi dalam konfirmasinya disela agenda peninjauan di Polindes Srigonco, Kamis (9/5/2024).

Peninjauan lanjutan tersebut, nantinya akan dilakukan oleh sejumlah dinas terkait. Bilamana hasilnya ternyata tidak bisa direnovasi. Maka, Sanusi menyebut, Polindes di Desa Srigonco tersebut akan dirombak untuk dibangun ulang. "Nanti ditangani oleh DPKPCK (Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya Kabupaten Malang)," ujar Sanusi.

Lebih lanjut, Camat Bantur Bayu Jatmiko menuturkan, dalam sejarahnya, sebelum berstatus Polindes, bangunan yang kini terkesan mangkrak tersebut sempat dimanfaatkan untuk dijadikan Puskesmas Pembantu (Pustu).

"Bangunan itu sebenarnya Pustu, cuma dalam praktiknya kadang-kadang dulu dibuat untuk pelayanan Polindes," ujarnya saat dikonfirmasi JatimTIMES, Kamis (9/5/2024).

Bayu menambahkan, tanah yang sempat dijadikan Pustu tersebut merupakan tanah hibah untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. "Itu dulu tanahnya warga, dihibahkan tahun 1990-an untuk dijadikan Pustu. Kemudian dibangun pada kisaran tahun 1991-an kalau tidak salah," ujarnya.

Setelah dibangun dan dimanfaatkan untuk dijadikan Pustu dan Polindes, bangunan tersebut sempat direnovasi pertama kali pada kisaran tahun 2000-an.

Baca Juga : Tidak Ada Nama Mundjidah di PDIP Jombang, Mantan Wabupnya Daftar Sendiri

"Setelah dihibahkan, dibangun, kemudian rehap pertama kali tahun 2000-an. Kemudian per 8 tahun dilakukan renovasi secara berkala, 2000, kemudian 2008, dan terakhir 2016," beber Bayu.

Setelah di renovasi terakhir kali di 2016 tersebut, bangunan sempat terdampak goncangan gempa hebat. Bahkan gempa terjadi berulang kali pada periode beberapa tahun. Dampaknya sejumlah titik bangunan Polindes tersebut rusak. "Karena kena dampak gempa berkali-kali, konstruksi bangunan itu akhirnya sudah banyak yang dalam kondisi menghawatirkan," ujarnya.

Terakhir gempa terdahsyat terjadi pada kisaran tahun 2019 lalu. Kala itu, saat gempa terjadi di beberapa titik di Kabupaten Malang, Polindes Srigonco turut terdampak hingga bangunannya rusak. "Karena statusnya milik Pemkab Malang,  Dinkes (Dinas Kesehatan Kabupaten Malang). Maka menjadi tupoksi Pemkab Malang untuk merehab, memperbaiki, dan sebagainya," imbuhnya.

Pertimbangan itulah yang pada akhirnya dilakukan peninjauan langsung oleh Bupati Malang HM. Sanusi pada Kamis (9/5/2024). "Sejak kisaran pada pertengahan 2023, sudah tidak beroperasi, pelayanan dihentikan dari pada membahayakan. Akhirnya Bapak Bupati melakukan peninjauan dan akan segera diperbaiki," pungkas Bayu.

Sekedar informasi, dalam agenda peninjauan tersebut, Bupati Sanusi juga turut didampingi sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Malang. Diantaranya Pj Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Malang Nurman Ramdansyah, jajaran Kepala Perangkat Daerah, Muspika Bantur, hingga kepala desa dan jajaran Perangkat Desa Srigonco juga turut mendampingi dalam agenda peninjauan oleh Bupati Sanusi.


Topik

Pemerintahan hm sanusi bupati malang sanusi polindes polindes srigonco



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

A Yahya