Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

Fakta Baru! Foto Fat Cat yang Beredar di Medsos Ternyata Hoax, Pemilik Foto Langsung Buka Suara

Penulis : Mutmainah J - Editor : Nurlayla Ratri

09 - May - 2024, 13:04

Placeholder
Yang Guoguo, guru SD yang fotonya dibagikan dengan narasi Fat Cat. (Foto screenshot)

JATIMTIMES - Berita mengenai kasus Fat Cat dan Tan Zhu terus viral di media sosial. Berita terbarunya yaitu adanya percampuran kebenaran dan berita hoax menyebar mengenai Fat Cat dan Tan Zhu.

Ternyata foto yang selama ini tersebar di sosial media mengenai potret sosok Fat Cat hoax. Beberapa foto yang tersebar merupakan foto dari seorang guru SD yang masih hidup. 

Baca Juga : Dua Pantai Terindah di Malang Ini, Jadi Favorit Keluarga untuk Liburan Panjang

Foto yang diambil adalah foto ketika pemilik foto tersebut saat berada di luar negeri.

Melansir akun X @tanyarlfes, seorang pria memperkenalkan diri dan menyebutnya sebagai sosok yang berada dalam foto yang viral dan disebut sebagai Fat Cat. 

"Halo nama saya Yang Guoguo. Saya adalah seorang guru sekolah dasar," Ucapnya mengawali video, dikutip Kamis (9/5/2024). 

Yang Guoguo mengaku bahwa dirinya mendapat kontak dari beberapa teman mengenai informasi fotonya yang tersebar di media sosial sebagai Fat Cat.

Yang Guoguo juga merasa marah atas penggunaan fotonya untuk kasus Fat Cat dan Tan Zhu hanya untuk kepentingan komersial yang tersebar di media sosial.

"Yang paling membuat saya marah oknum ini memberikan informasi yang salah demi meraih keuntungan," ucapnya. 

Dengan itu Yang Guoguo langsung mengklarifikasi atas penyebaran foto tersebut yang dianggap sebagai sosok Fat Cat.

"Pada saat yang sama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para penggemar yang telah bersuara untuk saya," tutupnya. 

Selain foto Fat Cat yang hoax, netizen juga menyebarkan informasi bohong mengenai Presiden China Xi Jimping Menetapkan hari kematian Fat Cat sebagai Hari Lelaki Setia di dunia.

Tapi ternyata setelah di telusuri berita tersebut adalah hoax dan orang yang membagikan berita tersebut merupakan hasil editing menggunakan Inspect.

Aplikasi itu dapat menghasilkan judul editan, sesuai keinginan kita, tanpa mengubah sumber asli dari judul yang kita ubah. Kemudian di screenshoot oleh pelaku penyebaran Hoax.

Baca Juga : Keindahan Pura di Balekambang Bisa Dinikmati 24 Jam Selama Libur Panjang, Tak Kalah Sama Pantai di Bali

Hal ini tentu merupakan hal yang buruk dilakukan. Bahkan Kakak dari Fat Cat juga berpesan agar tidak langsung mempercayai berita yang beredar luas tanpa adanya bukti.

Sementara menurut akun X @assepriva, nama asli dari Fat Cat adalah Liu Jie. 

"Ini yang bener, saya banyak photo photo tan Zhu malah. Nama asli fat cat itu Liu jie," Ujarnya. 

Sebelumnya kisah mengenai kematian Fat Cat viral di media sosial. Pang Mao atau 'Fat Cat', gamer disebut rela untuk hidup hemat demi membiayai gaya hidup wanita yang dicintainya. 

Fat Cat bahkan menjadi vegetarian dan membatasi makanannya dalam keseharian demi bisa memenuhi tuntutan sang pacar. Tapi kisah Fat Cat berakhir tragis saat hubungannya berakhir.

Dilansir Inf News, pria tersebut tidak bisa membeli makanan cepat saji seperti McDonalds untuk dirinya sendiri. Ia membatasi biaya makan menjadi 10 yuan (Rp 22 ribuan) sehari. Tapi Pang Mao disebut tidak ragu untuk mentransfer uang kepada pacarnya.

Dalam percakapan yang viral, mantan pacar Pang Mao terlihat sering meminta uang. Selama dua tahun berpacaran, wanita itu baru mau bertemu dua kali saja.

Suatu hari, pacar Pang Mao mengatakan bahwa ia tidak mencintai pria itu lagi dan menginginkan putus. Ada rumor wanita itu memilih untuk menikah dengan pria lain selagi Pang Mao berencana meminangnya. Pengakuan tersebut membuat sang gamer terkejut dan kehilangan harapan. Lalu ia memutuskan loncat dari jembatan ke dalam sungai dan meninggal dunia.


Topik

Serba Serbi Fat Cat Tan Zhu hoaks



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Nurlayla Ratri