Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Kesehatan

Punya Asam Urat Tinggi? Lakukan 9 Tips Ini, Jangan Skip Sayuran Hijau 

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

09 - May - 2024, 10:53

Placeholder
Asam urat yang menyerang pergelangan kaki. (Foto: Pinterest)

JATIMTIMES - Penyakit asam urat membuat kondisi gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas pada area persendian. Seperti di tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Bagian itu yang kerap menyerang bagi penderita asam urat. Namun tenang saja, dokter umum yang juga aktif sebagai content creator yakni dr. Dion Haryadi di sosial medianya membagikan tips cara menurunkan asam urat.

Baca Juga : Jalan Viral di Pronojiwo Lumajang: View Megahnya Gunung Semeru, Magnet Baru Bagi Wisatawan

“Buat yang punya asam urat tinggi. Turunkan dengan 9 cara,” ucap Dion pada sosial medianya.

9 cara turunkan asam urat tinggi, yakni hindari mengonsumsi alkohol dan batasi gula tambahan. Lalu jangan terlalu banyak mengonsumsi protein seperti dada ayam, tempe, daging merah yang mengandung purin level sedang.

“Boleh dimakan tapi jangan kebanyakan. Karena pada protein itu punya kadar purin level sedang,” imbuh Dion.

Atau kalian saat mengonsumsi protein di atas bisa divariasikan dengan yang punya kadar purin rendah. Seperti susu sapi dan produk olahannya, yakni yoghurt, whey dan telur.

Makanan tinggi purin seperti jeroan, ikan laut dalam, seafood, sebaiknya dikonsumsi secara terbatas setidaknya sekali atau dua kali dalam seminggu. Jika punya berat badan berlebih, baiknya diturunkan.

Baca Juga : Kemenaker RI dan Disnakertrans Tulungagung Hadiri Launching P3MI di Tulungagung

“Lalu untuk seperti sayuran hijau tidak bikin asam urat. Eat them (makan mereka),” tambah Dion.

Jangan lupa untuk mengonsumsi air mineral yang cukup. Tidak perlu minum jus-jusan atau ramuan-ramuan khusus. Serta fokus pada 7 hal pertama di atas.

Tetap konsumsi obat penurunan asam urat sesuai anjuran dokter. “Dan filter misinformasi dan hoaks yang sering beredar soal asam urat,” tutup Dion.


Topik

Kesehatan Asam Urat mengatasi asam urat



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni