Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Komisi III Tolak Tambahan Anggaran 5 Miliar untuk Pembangunan Gor Gelora Bung Karna Situbondo

Penulis : Wisnu Bangun Saputro - Editor : A Yahya

08 - May - 2024, 19:22

Placeholder
Johantono, Anggota Komisi III DPRD Situbondo saat dikonfirmasi di ruangannya, Rabu (8/5/2024). (Foto: Wisnu Bangun Saputro/ JATIMTIMES)

JATIMTIMES - Rencana pembangunan Gor atau stadion Gelora Bung Karna di Desa Kilensari Kecamatan Panarukan, Kabpaten Sitbondo ternyata mendapatkan penolakan penambahan anggaran dari komisi III DPRD Situbondo. Hal tersebut disampaikan Johantono Anggota Komisi III DPRD dari fraksi PKB, Rabu (8/5/2024).

Legislator partai PKB itu menyebutkan bahwa alokasi anggaran rencana pembangunan Gor Gelora Bung Karna awalnya hanya 22 miliar rupiah, namun ternyata anggaran tersebut diperkirakan kurang sehingga pihak PUPP memproses penambahan anggaran senilai 5 miliar rupiah, namun sayangnya proses yang saat ini sedang berjalan tersebut tidak ada komunikasi dengan DPRD.

Baca Juga : Sepakati RPJPD 2025-2045, Pemkot Kediri Targetkan Pembangunan yang Harmoni, Toleran, dan Layak Huni

"Alokasi anggaran dan penambahan itu seharusnya diajukan sebelum disahkannya APBD 2024, jangan setelah disahkan tiba-tiba memproses penambahan anggaran yang sedang berlangsung tanpa komunikasi dengan DPRD, oleh sebab itu kami Komisi III menolak tegas penambahan anggaran tersebut," ujar  Politisi PKB yang akrab disapa Jhon itu.

Tidak hanya itu, Jhon mengatakan jika Komisi III menilai terjadi salah perencanaan dalam rencana pembangunan Gor baru tersebut.

"Jika Alokasi anggaran yang awalnya 22 miliar kemudian akan ditambah 5 miliar menjadi 27 miliar, karena dari evaluasi perencanaan awal anggaran 22 miliar tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan pembangunan Gor baru, ini membuktikan bahwa ada kesalahan dalam perencanaan, kan berbahaya jika perencanaan berubah seenaknya tanpa komunikasi," imbuhnya.

Selain itu menurut Jhon tidak ada urgensinya membangun Gor baru di Kabupaten Situbondo, jika melihat kondisi Gor Baluran dan Stadion Gelora Moch Saleh saat ini.

"Berbicara urgensi membangun Gor kami sebenarnya menilai tidak terlalu urgen, terlebih lagi banyak masyarakat terutama kalangan pemuda yang mengatakan di sosial media, daripada membangun Gor baru dengan nilai fantastis lebih baik memperbaiki atau melakukan pembenahan pada fasilitas Gor Baluran dan Stadion Gelora Moch Saleh yang kondisinya memprihatinkan," ungkapnya.

Baca Juga : Ekspor Perhiasan Asal Jatim Melonjak 1.212 Persen, Terbanyak Kirim ke Swiss

 Mewakili Komisi III, Jhon berharap eksekutif jangan asal-asalan dalam merencanakan sesuatu, sebab anggaran yang digunakan nilainya tidak main-main, jangan sampai pada pelaksanaan ada hal-hal yang tidak diinginkan.

"Harus jelas perencanaannya, jika diawal 22 miliar ya itu dimaksimalkan jangan tiba-tiba memproses penambahan anggaran tanpa komunikasi, harus diingat anggaran tersebut tidak main-main, kami akan awasi itu," Tegasnya.


Topik

Peristiwa Johantono Situbondo gelora bung Karna



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wisnu Bangun Saputro

Editor

A Yahya