Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik Pilkada Kota Malang

Maju di Pilkada Kota Malang, Calon Independen Harus Bermodal 48.882 Dukungan

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Yunan Helmy

08 - May - 2024, 18:42

Placeholder
Ketua KPU Kota Malang Aminah Asminingtyas.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Untuk dapat maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)  Kota Malang 2024, seorang calon dari jalur independen setidaknya harus memiliki modal   48.882 dukungan. Jumlah tersebut merupakan 7,5 persen dari keseluruhan daftar pemilih tetap (DPT) di Kota Malang.

"Untuk Kota Malang jumlahnya sudah ditentukan sesuai dengan SK dan ketentuan dari KPU, yaitu 48.882 (dukungan)," ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang Aminah Asminingtyas.

Baca Juga : Cegah Hoaks dan Ciptakan Ruang Digital yang Sehat, Pemkot Kediri Gandeng Diskominfo Jawa Timur Gelar Kelas Prebunking

Bukan itu saja. Yang menjadi syarat kedua adalah dukungan tersebut harus merata, setidaknya merata di 50 persen jumlah kecamatan di Kota Malang. Itu artinya, di Kota Malang yang memiliki 5 kecamatan, 48.882 suara itu minimal tersebar merata di 3 kecamatan.

"Yang kedua, persebaran (jumlah dukungan) harus merata di minimal 50 persen jumlah kecamatan. Kota Malang kan ada lima kecamatan, jadi minimal 3 kecamatan harus ada," jelas Aminah.

Sementara itu, sampai saat ini, di Kota Malang masih ada satu orang tokoh di Kota Malang yang disebut bakal maju dalam Pilkada Kota Malang melalui jalur independen. Yakni Heri Cahyono yang akrab dengan tagline 'Malang Jejeg'.

Aminah mengatakan bahwa sampai saat ini memang juga hanya tim dari Heri Cahyono yang baru melakukan konsultasi. Konsultasi tersebut berkaitan dengan persyaratan yang harus dipenuhi untuk dapat maju dalam kontestasi perebutan kursi N1.

"Yang ditanyakan tentang kelengkapan formulir, silon, item persyaratan dan jumlah yang harus dikumpulkan. Termasuk jumlah minimal dukungan," pungkas Aminah.

Baca Juga : Tahun Politik, Stabilitas Keamanan Disorot dalam Evaluasi Kinerja Pemkot Batu Triwulan I 2024

Sebagai informasi, Heri Cahyono sebelumnya juga sempat turut berkontestasi pada Pemilihan Bupati (Pilbup) Malang periode 2020-2025. Saat itu, ia berpasangan dengan pengacara kondang asal Malang Gunadi Handoko.

Sedangkan dalam Pilkada Kota Malang kali ini, ia disebut juga akan kembali maju melalui jalur independen. Hal tersebut juga tampak dari banyaknya banner bergambar dirinya yang menjamur di sejumlah titik Kota Malang. 


Topik

Politik Pilkada Kota Malang jalur independen KPU Kota Malang Kota Malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Yunan Helmy