Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik Pilkada Kabupaten Malang

Polling Pilkada Kabupaten Malang 2024: Petahana Sanusi Masih Dominan

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Yunan Helmy

08 - May - 2024, 17:36

Placeholder
Kolase foto nama-nama peraih polling tertinggi Pilkada Kabupaten Malang 2024. (Foto: JatimTIMES)

JATIMTIMES - Sosok petahana Bupati Malang HM. Sanusi meraih angka tertinggi pada Polling Pilkada 2024 Bupati Malang. Hasil polling itu diperoleh berdasarkan penjaringan yang dilakukan tim Jatim Times Network (JTN) sejak Rabu (24/4) pukul 10.00 WIB. 

Untuk diketahui, nama-nama yang tercantum dalam penjaringan tim JTN ini sebagian merupakan tokoh populer yang digadang-gadang bakal maju menjadi calon bupati Malang 2024. Tidak tertutup kemungkinan nama-nama yang tercantum adalah usulan dari pembaca JatimTIMES. 

Baca Juga : Belum Memasuki Libur Panjang, Kunjungan ke Jatim Park 2 Membeludak

Adapun sejumlah nama yang disodorkan dalam polling bakal calon bupati Malang 2024-2029 ada 14 tokoh. Yakni Sanusi, Didik Gatot Subroto, Chusni Mubarok, Ali Ahmad, Siadi, Makhrus Sholeh, Jajuk Rendra Kresna, Kresna Dewanata Prosakh, Dwi Hari Cahyono, Pramudito Putra Virmanzah, Wibi Andreas, Khofidah, Musrifah, dan Darmadi. 

Hasil polling JTN update per Rabu (8/5) menunjukkan petahana Bupati Malang Sanusi masih dominan dengan 35 persen. Disusul polling tertinggi kedua adalah Kresna Dewanata Prosakh, putra eks Bupati Malang Rendra Kresna, dengan 18%. Sementara posisi ketiga, petahana Wakil Bupati (Wabup) Malang Didik Gatot Subroto dengan angka 13%. 

Berikut ini rincian perolehan polling Bupati Malang 2024, dari yang tertinggi hingga terendah. 

1. Sanusi (35%)

2. Kresna Dewanata Prosakh (15%)

3. Didik Gatot Subroto (13%)

4. Chusni Mubarok (10%)

5. Dwi Hari Cahyono (9%)

6. Siadi (6%)

7. Ali Ahmad (2%)

8. Jajuk Rendra Kresna (2%) 

9. Pramudito Putra Virmanzah (2%)

10. Makhrus Sholeh (1%)

11. Wibi Andreas (1%)

12. Khofidah (1%) 

13. Darmadi (1%)

14. Musrifah (0%)

 Sebelumnya, Sanusi juga telah mantap untuk maju menjadi calon bupati Malang 2024-2029. Ia menegaskan hanya akan mendaftar bacalon Bupati Malang ke DPC PDIP Kabupaten Malang dan belum ada niat untuk mendaftar penjaringan melalui partai lainnya. 

Sementara di polling tertinggi kedua Pilkada 2024 Kabupaten Malang ada Kresna Dewanata Prosakh (15%). Pria yang akrab disapa Dewa tersebut sebelumnya menjabat sebagai anggota DPR-RI selama dua periode (2014-2019 dan 2019-2024) daerah pemilihan Jawa Timur V. Politisi Partai NasDem tersebut diproyeksikan menjadi bakal calon (bacalon) wakil bupati Malang mendampingi Lathifah Shohib dalam Pilkada Kabupaten Malang 2024.

Baca Juga : Pentingnya Perlindungan Kerja, BPJS Ketenagakerjaan Malang Sosialisasikan Program ke Kepala Pasar Kota Malang

Sedangkan di polling tertinggi ketiga ada petahana Wabup Malang Didik Gatot Subroto. Diketahui bahwa Didik telah memantapkan diri maju sebagai bakal calon wali kota (bacawali) di Pilwali Kota Batu 2024. Orang nomor dua di Kabupaten Malang itu telah mengambil formulir pendaftaran bacawali di Kantor DPC PDIP Kota Batu. 

Berdasarkan hasil polling di atas,  disimpulkan bahwa nama yang banyak dipilih oleh masyarakat adalah nama-nama yang tak asing lagi di dunia perpolitikan Kabupaten Malang. Artinya, nama Sanusi, Dewa  maupun Didik masih dikenal luas di masyarakat karena pengalaman dan keterlibatannya dalam pembangunan daerah sebelumnya. Reputasi ketiganya dalam menjalankan tugas-tugas sebelumnya juga bisa menjadi pertimbangan bagi pemilih.

Meski demikian, hasil polling bakal calon bupati Malang 2024 masih bisa berubah seiring dengan aspirasi masyarakat dan pembaca JatimTIMES.  


Topik

Politik Polling Pilkada Kabupaten Malang Kabupaten Malang calon bupati



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Yunan Helmy