Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

DPRD: Prestasi Kota Blitar Raih Penghargaan ETPD Bukti Komitmen Digitalisasi

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Yunan Helmy

08 - May - 2024, 16:16

Placeholder
Totok Sugiarto, anggota DPRD Kota Blitar dari Fraksi PKB. (Foto: Aunur Rofiq/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Dalam peristiwa bersejarah bagi Kota Blitar, prestasi gemilang dalam meraih penghargaan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) menjadi sorotan utama. Sebagai salah satu pemerintah daerah yang sukses mencapai 100% transaksi non-tunai, Kota Blitar menerima pujian dari berbagai elemen masyarakat.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Blitar, salah satu pihak yang memberikan tanggapan atas pencapaian ini, menganggap prestasi tersebut sebagai bukti konkret dari komitmen serius Pemerintah Kota Blitar dalam menggalakkan digitalisasi di berbagai bidang.

Baca Juga : Pentingnya Perlindungan Kerja, BPJS Ketenagakerjaan Malang Sosialisasikan Program ke Kepala Pasar Kota Malang


"Meraih penghargaan ETPD ini merupakan tonggak sejarah bagi Kota Blitar dalam perjalanan menuju transformasi digital yang lebih luas," ungkap Totok Sugiarto, anggota DPRD Kota Blitar dari Fraksi PKB, pada Rabu (8/5/2024).

Pernyataan tersebut menjadi gambaran jelas akan arti penting prestasi yang diraih, sekaligus menunjukkan tekad kuat pemerintah setempat untuk menyajikan sistem pembayaran yang lebih efisien dan transparan bagi masyarakat.


Dukungan penuh dari DPRD Kota Blitar juga diakui sebagai salah satu pilar keberhasilan dalam mewujudkan pencapaian ini. Totok menegaskan bahwa kolaborasi antara pemerintah dan DPRD telah membawa dampak positif dalam memberikan masukan serta dukungan terhadap kebijakan-kebijakan yang mendukung digitalisasi.

 "Kami dari DPRD akan terus mendukung langkah-langkah yang diambil Pemerintah Kota Blitar dalam mewujudkan visi digitalisasi yang lebih baik untuk kesejahteraan masyarakat," tambahnya.

Peran DPRD tidak hanya sebatas memberikan dukungan legislatif, tetapi juga menjadi penggerak dan pemantik semangat untuk terus berinovasi dalam menghadirkan layanan publik yang lebih modern dan efektif. Prestasi ini diharapkan tidak hanya menjadi momentum kebanggaan semata, melainkan juga menjadi sumber inspirasi bagi daerah-daerah lain untuk mengadopsi teknologi dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Dalam momentum ini, Totok Sugiarto juga memberikan tanggapannya terkait peran Bank Jatim atas prestasi dalam meraih penghargaan ETPD.

 "Kami mengakui peran penting Bank Jatim dalam kesuksesan pencapaian ini. Dukungan yang konsisten dari Bank Jatim Cabang Blitar dalam memfasilitasi transisi dari transaksi tunai menjadi non-tunai telah memberikan kontribusi yang signifikan," ungkap Totok.

Menurut dia, Bank Jatim tidak hanya memberikan bantuan dalam aspek teknis, tetapi juga memberikan pendampingan dan bimbingan terhadap berbagai unit dan lembaga di lingkungan Pemerintah Kota Blitar.

Baca Juga : Kepala Disdik Adi Andaka Ambil Langkah Politik: Siap Lepas Status PNS Demi Nyalon Wakil Bupati Blitar

 "Dengan pendekatan yang holistik, Bank Jatim Cabang Blitar memastikan bahwa infrastruktur dan sumber daya yang dibutuhkan untuk mendukung digitalisasi transaksi pemerintah telah tersedia dan terkelola dengan baik," jelas Totok.

Sementara itu, berbagai upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Blitar, Bank Jatim dan dukungan dari DPRD menjadi landasan kokoh bagi perubahan menuju era digital yang lebih inklusif dan berdampak positif bagi masyarakat. Keberhasilan Kota Blitar dalam mencapai prestasi ini memberikan bukti nyata bahwa transformasi digital bukan lagi sekadar isu kosong, tetapi sebuah langkah konkrit yang dapat memberikan manfaat nyata bagi kesejahteraan masyarakat.

Dalam suasana perayaan ini, harapan besar tertuju pada masa depan yang lebih cemerlang, di mana Kota Blitar dapat terus menjadi teladan dalam mewujudkan visi digitalisasi yang lebih luas dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan bangsa dalam era teknologi informasi.

Diberitakan sebelumnya, Kota Blitar menunjukkan komitmen serius dalam mendorong digitalisasi di berbagai sektor dengan meraih penghargaan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) sebagai pemerintah daerah yang berhasil mencapai 100% transaksi non-tunai. Penghargaan bergengsi ini diserahkan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono dalam acara Forum High Level Meeting Rakorwil Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (07/05/2024).

Capaian tersebut menjadi poin kebanggaan bagi Kota Blitar, terutama mengingat hanya dua dari 38 kota dan kabupaten di Jawa Timur dan 14 kota/kabupaten se-Indonesia yang mampu mencapai persentase 100%. Kenaikan Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah Kota Blitar sebesar 17,9% dari tahun sebelumnya. Itu menunjukkan keseriusan dan kerja sama antara berbagai pihak dalam mewujudkan digitalisasi.


Topik

Pemerintahan Kota Blitar DPRD Kota Blitar penghargaan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah prestasi membanggakan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Yunan Helmy