Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Advertorial

Pj Bupati Jombang Komitmen Tindaklanjuti Hasil Musrenbangnas 2024

Penulis : Adi Rosul - Editor : Nurlayla Ratri

08 - May - 2024, 15:45

Placeholder
Pj Bupati Jombang Sugiat. (Foto : Dokumentasi Pemkab Jombang)

JATIMTIMES - Penjabat (Pj) Bupati Jombang Sugiat mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) yang digelar pemerintah pusat. Sugiat berkomitmen akan menindaklanjuti hasil Musrenbangnas yang disusun oleh pemerintah.

Musrenmbangnas digelar Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Senin (6/5/2024). Musrenbangnas 2024 yang digelar untuk Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2025 yang mengusung tema 'Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan'.

Baca Juga : Mata Siswa SD di Jombang Cedera saat Sekolah, Guru Korban Ditetapkan Tersangka

Kegiatan yang dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tersebut diantaranya membahas penyempurnaan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2024. Pj Bupati Jombang hadir langsung di acara tersebut.

"Hari ini Saya mengikuti Musrenbangnas di Jakarta, yang membahas banyak poin, di antaranya penyempurnaan rancangan awal rencana kerja pemerintah tahun 2024. Selain itu juga ada diskusi penyelarasan perencanaan pusat dan daerah dalam masa transisi," kata Sugiat.

Menurut Sugiat, banyak arahan yang diberikan dari sejumlah kementerian. Mulai dari Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Pimpinan Daerah, dan ada diskusi pembangunan dari pakar atau praktisi.

"Tentu Saya sebagai Pj Bupati Jombang siap menindaklanjuti apa yang menjadi arahan dari Bapak Presiden diantaranya meminta kepada para pimpinan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah untuk memastikan penggunaan anggaran agar tepat sasaran. Jangka Menengah, dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) semuanya harus in line, segaris," tuturnya.

Kepala Badan Intelejen Daerah Sulawesi Barat yang ditugaskan menjadi Pj Bupati Jombang di tanah kelahirannya ini menegaskan bahwa, Pemerintah Daerah harus berbagi tugas dengan Pemerintah Pusat dalam menyelesaikan pembangunan proyek-proyek pemerintah di daerah.

Baca Juga : Kepala Disdik Adi Andaka Ambil Langkah Politik: Siap Lepas Status PNS Demi Nyalon Wakil Bupati Blitar

"Misalnya ketika pemerintah pusat telah membangun bendungan, maka pembangunan irigasi primer, sekunder, dan tersier yang menghubungkan ke sawah-sawah, itu menjadi tanggung jawab pemerintah daerah," kata Sugiat.

"Presiden juga mengingatkan kepada pimpinan kementerian/lembaga yang hadir untuk memberikan proyek pembangunan kepada daerah-daerah yang berkomitmen dan siap menyelesaikan proyek tersebut hingga tuntas. Untuk itu, sinkronisasi antara Sekretariat Daerah (Setda) dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menjadi kunci dalam perencanaan pembangunan di daerah," sambungnya.(*)


Topik

Advertorial Jombang Sugiat Musrenbangnas



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Adi Rosul

Editor

Nurlayla Ratri