Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Ekonomi

Investasi Mana yang Lebih Cuan, Emas atau Saham? 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

08 - May - 2024, 15:11

Placeholder
Ilustrasi investasi. (Foto: iStock)

JATIMTIMES - Pertanyaan tentang investasi yang lebih menguntungkan antara emas dan saham tengah menjadi perhatian belakangan ini. Meskipun keduanya menawarkan potensi keuntungan yang besar, ada perbedaan signifikan dalam karakteristik, risiko, dan potensi pengembalian investasi antara kedua jenis aset ini.

Melansir YouTube Finansialku, investasi emas dan saham kurang tepat jika dibandingkan. Karena fungsi dan asetnya berbeda. 

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

"Emas lebih cocok untuk dana darurat. Karena harganya relatif stabil dan cenderung naik. Emas juga gampang ngeduitinnya, kalau lagi butuh uang, ya tinggal dijual atau digadaikan," demikian keterangan Finansialku. 

Lebih lanjut dijelaskan pergerakan emas mengacu pada harga emas dunia. Berdasarkan data, harga emas per tahun 2008 Rp 250 ribu pergram. Sementara harga emas per-tahun 2023, Rp 925 ribu. 

"Maka kenaikan emas secara linier adalah 18% pertahun. Kenaikan emas bunga per bunga maka sekitar 9,11% per-tahun," jelas Finansialku. 

Sementara itu jika dibandingkan dengan saham, ada beberapa yang bisa digunakan. Di antaranya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), saham BBCA dan saham PTBA. 

Untuk grafik IHSG, Finansialku menjelaskan harga IHSG 2008 Rp 1.629 per-lembar. Sedangkan pada 2023 harganya Rp 6.839. Itu artinya, kenaikan saham IHSG secara linier adalah 21,32% pertahun. Kenaikan IHSG bunga per bunga maka sekitar 10,04% per-tahun. 

Baca Juga : Heboh, ASI Diolah Jadi Bubuk Tuai Kritikan Ahli Gizi 

Selanjutnya harga saham BBCA pada 2008 adalah Rp 600, dan di 2023 harganya Rp 8.475. Jika disimulasikan maka kenaikan saham BBCA secara linier adalah 87,50% pertahun. Kenaikan BBCA bunga per bunga maka sekitar 19,31% per-tahun.

Jenis saham yang ketiga yakni PTBA (Emiten Tambang Batu Bara) yang cenderung naik turun. Pada 2008, harga PTBA Rp 2.470, dan 2023 harganya Rp 3.400. Jika disimulasikan maka kenaikan saham PTBA secara linier adalah 2,51% pertahun. Kenaikan PTBA bunga per bunga maka sekitar 2,15% per-tahun.

Demikian ulasan soal perbandingan grafis emas dan saham dari tahun ke tahun. Jadi gimana, kamu tertarik investasi emas atau saham?


Topik

Ekonomi investasi untuk pemula harga saham emas cuan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri