Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Ketua PMI Jatim Soroti Capaian PMI Kabupaten Malang: Patut Dicontoh

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

08 - May - 2024, 14:50

Placeholder
Ketua PMI Jatim H. Imam Utomo. S (kiri) saat melantik Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Kabupaten Malang pada Rabu (8/5/2024). (Foto: Ashaq Lupito/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Timur H. Imam Utomo S melantik Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Kabupaten Malang masa bakti 2024 - 2029, Rabu (8/5/2024). Pelantikan berlangsung di Markas PMI Kabupaten Malang, dengan dihadiri oleh sejumlah pihak terkait termasuk jajaran Forkopimda Kabupaten Malang.

"Sebelum saya melantik saudara-saudara, terlebih dahulu saya akan bertanya dan mohon dijawab dengan jujur, bersedia atau tidak!," ungkap Imam di hadapan dewan kehormatan dan pengurus PMI Kabupaten Malang dalam serangkaian pelantikan, Rabu (8/5/2024).

Baca Juga : Pendaftaran Calon Independen Pilgub Jatim 2024 Buka Hari Ini, Syarat Minimal 2 Juta Dukungan

Pertanyaan yang diajukan Imam tersebut mengenai komitmen dewan kehormatan dan pengurus PMI Kabupaten Malang, untuk menjalankan tugas kemanusiaan sesuai dengan prinsip PMI.

"Apakah saudara-saudara bersedia dan berjanji menerima 7 prinsip dasar gerakan internasional PMI dan Bulan Sabit Merah, sebagai landasan utama dalam menjalankan tugas," ucap Imam yang kemudian dijawab dengan pernyataan bersedia oleh para dewan kehormatan dan pengurus PMI Kabupaten Malang masa bakti 2024-2029.

Setelahnya, proses pelantikan kemudian dilangsungkan. Dalam rangkaiannya, Ketua PMI Kabupaten Malang Jajuk Rendra Kresna, kemudian membacakan pakta integritas kepada mereka yang dilantik.

Para dewan kehormatan dan pengurus PMI Kabupaten Malang periode 2024-2029 kemudian mengikuti pembacaan pakta integritas yang disampaikan Jajuk tersebut. Setelah prosesi pelantikan usai, Imam memuji pembacaan pakta integritas yang disampaikan seluruh dewan kehormatan dan pengurus PMI Kabupaten Malang.

Menurut Imam, pembacaan pakta integritas tersebut jarang ia temui saat melantik kepengurusan PMI yang baru. "Pakta integritas ini bagus, luar biasa, bisa dicontoh, bagus," ujar Imam dalam sambutan dan pengarahannya.

Sekedar informasi, dalam serangkaian pelantikan tersebut juga sekaligus menjadi peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia Tahun 2024.

Baca Juga : Hadiri Rakor Penanganan Darurat Bencana Bersama Jurnalis, Pj Gubernur Jatim Sebut Strategi Pentahelix Terbukti Jitu 

Pada kesempatan yang sama, juga dilangsungkan peresmian Gedung Markas PMI Kabupaten Malang. Sedikitnya ada tiga bangunan yang telah difungsikan dan diresmikan oleh PMI Kabupaten Malang. Sejumlah gedung baru itulah, yang juga menuai pujian dari Imam.

"Ingat pengurus PMI Provinsi (Jatim), catat ini, jangan sampai kalah dengan Kabupaten Malang. Bayangkan, belum ada kantor PMI yang standarnya seperti ini," tukas Imam yang kemudian disaut tepuk tangan dari para undangan yang hadir dalam pelantikan.

Sekedar informasi, Jajuk kembali terpilih menjadi Ketua PMI Kabupaten Malang setelah sebelumnya dilangsungkan Musyawarah Kabupaten (Muskab) Tahun 2024 PMI Kabupaten Malang, Jumat (22/3/2024). Sementara itu, pada Rabu (8/5/2024), pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua PMI Jatim.

Pada agenda pelantikan dewan kehormatan dan pengurus PMI Kabupaten Malang periode 2024-2029 tersebut, juga turut dihadiri oleh sejumlah pihak. Diantaranya jajaran Forkopimda Kabupaten Malang, termasuk Wakil Bupati (Wabup) Malang Didik Gatot Subroto. Hingga berita ini disusun, serangkaian agenda pelantikan masih dilangsungkan.


Topik

Pemerintahan PMI Kabupaten Malang PMI Palang Merah Indonesia PMI Jatim



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Sri Kurnia Mahiruni