Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik

503 Calon Panitia Pemilihan Kecamatan di Banyuwangi Ikuti Tes Komputer

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Yunan Helmy

07 - May - 2024, 19:20

Placeholder
Peserta calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk Pilkada 2024 saat melihat nilai hasil CAT di Politeknik Negeri Banyuwangi. (Istmewa)

JATIMTIMES – Lebih dari 500 peserta calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk Pilkada 2024 mengikuti tes tulis berbasis komputer atau computer assisted test (CAT). Tes ini digelar KPU Banyuwangi di Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi) selama dua hari (7-8 Mei 2024)

Menurut Divisi SDM Parmas dan Sosdiklih KPU Banyuwangi Dian Purnawan, dari total 521 pendaftar calon anggota PPK, yang lolos tahap awal sebanyak 503 orang. “Ujian diikuti oleh total 503 calon anggota PPK untuk 25 kecamatan,” ujar Dian, Selasa (7/5/2024).

Baca Juga : Keluarga Korban Pemerkosaan Pulau Merah Tak Mau Kompromi dengan Tersangka, Pemkab Banyuwangi Dampingi

Mereka yang lolos tahap awal adalah yang berhak mengikuti tes seleksi berbasis komputer ini.

Dian menuturkan,  seleksi CAT digelar dalam lima sesi dan berlangsung selama dua hari. Pada hari pertama program seleksi dilaksanakan dalam tiga sesi dan dua sesi akan dilaksanakan pada hari berikutnya.

Dalam ujian itu, tiap calon anggota PPK harus menjawab sebanyak 75 soal dalam waktu 90 menit. Maksimal 15 calon dengan nilai tertinggi untuk tiap kecamatan berhak lolos pada tahapan berikutnya.

Karena pelaksanaan seleksi berbasis komputer, maka para peserta langsung bisa mengetahui nilai tes setelah pelaksanaan CAT. KPU juga langsung mengumumkan hasil seleksi beberapa saat setelah proses tes rampung.

"Ketika tes selesai, peserta sudah bisa mengetahui nilainya dari komputer masing-masing. Hasilnya tes juga langsung kami cetak untuk diumumkan di depan masing-masing ruang tempat seleksi," ungkap Dian.

Dian mengungkapkan, tidak ada batas minimal nilai dalam tes tersebut. Sesuai dengan ketentuan peserta yang mampu meraih nilai tes tertinggi yang akan lolos untuk mengikuti wawancara  yang merupakan tahapan seleksi berikutnya.

Baca Juga : Tanggapan Bupati Sanusi Ihwal Potensi Rematch dengan Lathifah di Pilkada 2024

"Berdasarkan aturan KPU, maksimal 15 peserta dengan nilai tertinggi dari masing-masing kecamatan yang akan lolos untuk tahap selanjutnya. Tapi bisa juga kurang dari 15. Misalnya untuk wilayah yang pendaftarnya tidak terlalu banyak. Nanti kami akan menetapkan dalam rapat pleno," urainya.

KPU membutuhkan 125 anggota PPK untuk bertugas pada masa pemilihan kepala daerah tahun ini. Baik pemilihan pasangan gubernur-wakil gubernur Jawa Timur (Jatim) maupun bupati-wakil bupati Banyuwangi. Tiap kecamatan akan memiliki petugas PPK sebanyak lima orang.

 Menurut Dian, antusiasme warga masyarakat untuk menjadi anggota PPK di Banyuwangi  tergolong tinggi. Selama sepekan masa pendaftaran, lebih dari 500 warga melakukan pendaftaran.

"Kalau dibandingkan dengan pendaftaran PPK untuk pemilu lalu, antusiasmenya sama. Bedanya, masa pendaftaran untuk PPK pilkada ini lebih pendek dibanding sebelumnya. Tapi antusiasmenya tetap sama tinggi," pungkasnya.


Topik

Politik Tes PPK KPU Banyuwangi panitia pemilihan kecamatan Banyuwangi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Yunan Helmy