Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Agama

4 Kloter CJH Kota Malang Mulai Berangkat Pekan Depan

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Yunan Helmy

07 - May - 2024, 18:17

Placeholder
Ilustrasi jemaah haji di Makkah.(Foto: istimewa).

JATIMTIMES - Pemberangkatan calon jemaah haji (CJH) asal Kota Malang rencananya  dimulai pekan depan. Tepatnya Kamis (16/5/2024) mendatang. Rencananya, pemberangkatan secara simbolis akan dilakukan dari Lapangan Rampal menuju Asrama Haji Surabaya. 

Pemberangkatan akan dibagi dalam tiga sesi. Sebanyak 1.116 CJH yang akan berangkat nantinya dibagi ke dalam 4 kloter. Yakni kloter 21, 22, 23 dan kloter 24. Setiap kloter terdapat 366 orang CJH. 
 
“Nanti ada yang berangkat dulu  pukul 08.00 WIB, kemudian pukul 13.50 WIB dan 14.25 WIB. TIga kloternya penuh dari Kota Malang. Yang satunya gabungan dari luar Kota Malang. Mereka sama diberangkatkan hari itu juga pada 16 Mei 2024,” ujar Kasi Haji Kemenag Kota Malang Ahmad Subhan. 

Baca Juga : Angkutan Pelajar Gratis Mulai Layani Pulang-Pergi, Pj Wali Kota Batu: Masih Butuh Sosialisasi

KLoter 21 hingga 23 akan diisi sepenuhnya oleh CJH asal Kota Malang. Sedangkan di kloter 24, CJH Kota Malang hanya  76 orang. Sisanya merupakan gabungan dari warga Kabupaten Malang. 

Subhan mengatakan, CJH yang diberangkatkan tahun ini adalah mereka yang sudah mendaftar tahun 2011 dan 2012. Para CJH ini harus menunggu selama kurang lebih 12 tahun untuk dapat beribadah ke Tanah Suci.

“Untuk yang berangkat sekarang itu minimal mengantre 12 tahun. Tidak ada yang tertunda. Itu sudah sesuai dengan porsi yang turun tahun 2024 ini,” kata Subhan. 

Subhan juga telah memastikan bahwa CJH yang akan berhaji tahun ini telah melalui berbagai tahapan dan tes, temasuk tes kesehatan. Syarat kesehatan menjadi hal yang harus dipenuhi sebelum melakukan pelunasan biaya haji. 

“Jadi, ketika nama hajinya itu turun, maka dia kan harus istitoah (kelayakan) dulu. Kalau sudah dinyatakan sehat, baru bisa melunasi biaya haji. Tapi itu pun masih ada pendampingan obat, alat dan pendampingan jemaah,” ungkapnya. 

Baca Juga : Mahalini Resmi Mualaf, Bagaimana Hukum Berpindah Agama karena Hendak Menikah dalam Islam?

Sedangkan untuk biaya haji jemaah Indonesia, ia mengatakan sekitar Rp 96 juta. Namun  Pemerintah Indonesia telah memberikan subsidi sebesar 40 persen. Sehingga para CJH harus melunasi pembayaran sebesar 60 persen, yakni sekitar Rp 58 juta. 

“Tetapi dari Rp 58 juta itu, para CJH di awal kan sudah membayar Rp 25 juta untuk mendapatkan kursi. Sehingga dalam pelunasan kemarin itu sekitar Rp 33 juta,” pungkasnya. 


Topik

Agama CJH CJH Kota Malanb calon jemaah haji berangkat haji



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Yunan Helmy