Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Sentil Bacawali soal Keberlanjutan Program Angkot Pelajar Gratis, Pj Wali Kota Batu: Bisa Jadi Janji Politik

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : Yunan Helmy

07 - May - 2024, 18:08

Placeholder
Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai saat memantau pelaksanaan program Angkutan Pelajar Gratis. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Program Angkutan Pelajar Gratis (Apel Gratis) diluncurkan Pemkot Batu. Tujuannya memberikan fasilitas kepada siswa sekolah untuk pulang pergi dengan aman tanpa biaya. 

Angkot cuma-cuma ini juga ditujukan untuk mengurangi kecelakaan dan meningkatkan ekonomi  sopir angkutan yang semakin sepi.

Baca Juga : Popularitas Tinggi di Polling, Wasto Malu-Malu Bicara Politik

Meski telah direalisasikan, Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai mengakui dalam pelaksanaan awal masih banyak pekerjaan rumah. Baik dari segi sosialisasi maupun keterbatasan armada yang menjangkau kebutuhan transportasi siswa.

Bahkan, ia juga menyinggung kebutuhan keberlanjutan dan pengembangan program Apel Gratis pada tahun selanjutnya. Aries mengatakan program tersebut  bisa menjadi gagasan para tokoh yang akan maju sebagai calon wali kota.

"Terkait armada, anggaran kita terbatas kita usahakan di tahun 2024 (program Apel Gratis) di jalur yang banyak siswa dulu, setelah itu. Kita kembangkan di PAK 2024 maupun  tahun 2025 kalau ini bisa menjadi janji politik. Bagi calon kepala daerah, kita saya pikir bagus," ujar Aries.

Dirinya beranggapan, program ini perlu dilanjutkan lantaran sangat mendukung masyarakat untuk memutar ekonomi. Sebab, selama ini akomodasi siswa harus memakan biaya bensin utamanya orang tua yang mengantarkan hingga siswa yang membawa motor sendiri.

"Karena berdasarkan keprihatinan kami. siswa SMP banyak yang sudah menggunakan kendaraan, padahal belum waktunya. Kedua, banyak kecelakaan lalu lintas di jalan. Mereka diantar orang tua, atau buru buru," sesalnya.

Masalah lain, lanjut Aries, adalah angkot yang semakin sepi penumpang. Otomatis, pendapatan sopir angkutan umum itu semakin berkurang. Apel Gratis dianggap sebagai salah satu program untuk memberdayakan para pelaku armada transportasi umum di Kota Batu, khususnya angkot.

Baca Juga : Susu Kop SAE Pujon Siap Sukseskan Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran

Aries mengakui  program ini masih menjangkau sebagian jalur angkot. Hal ini dikarenakan keterbatasan armada. Apalagi beberapa sekolah masih tidak tersentuh, baik itu sekolah negeri maupun swasta.

"Berlaku sekolah negeri maupun swasta. Yang penting masuk data yang sudah kita himpun. Total armada angkutan sekarang ini 42. Dari hasil evaluasi, dibutuhkan sekitar 150 kendaraan di semua titik di Kota Batu," ungkapnya.

Aries  berharap, jika program ini bisa terus dilanjutkan dan dibenahi, akan banyak masyarakat Kota Batu yang terbantu. Tentunya, bagi Aries hal ini menjadi PR bagi kepemimpinan Kota Batu selanjutnya.


Topik

Pemerintahan Angkutan Pelajar Gratis Apel Gratis Pemkot Batu Kota Batu wali kota Batu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

Yunan Helmy