Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik Pilkada Kota Malang

Popularitas Tinggi di Polling, Wasto Malu-Malu Bicara Politik

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Yunan Helmy

07 - May - 2024, 17:48

Placeholder
Wasto saat masih aktif menjabat sebagai sekda Kota Malang. (foto: dok JatimTIMES)

JATIMTIMES - Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Wasto angkat bicara ihwal popularitasnya paling tinggi untuk sementara pada polling Pilkada Kota Malang 2024. Sebagai informasi, survei itu didapat berdasarkan hasil penjaringan yang dilakukan tim JatimTIMES Network (JTN) sejak Rabu (24/4/2024) lalu.

Untuk diketahui, nama-nama yang tercantum dalam penjaringan tim JTN ini sebagian merupakan tokoh populer yang digadang-gadang bakal maju menjadi calon wali kota Malang. Sejumlah tokoh yang diusulkan tentu bisa berubah seiring dengan aspirasi masyarakat dan pembaca JatimTIMES. 

Baca Juga : Menggali Jejak Sejarah: Pangeran Puger dan Asal-Usul Gelar Kebangsawanan dari Kerajaan Sadeng

Adapun sejumlah nama yang disodorkan dalam polling calon wali kota Malang 2024-2029 ada 16 tokoh. Yakni Wasto, Heri Cahyono, Wahyu Hidayat, Lathifah Sohib, Abah Anton, Rendra Masdrajad, Djoni Sudjatmoko, I Made Riandiana Kartika, Sofyan Edi Jarwoko, Sutiaji, Sri Untari Bisowarno, Moreno Soeprapto, Fuad Rahman, Hikmah Bafaqih, Amithya Ratnanggani, dan
Imam Supandi.

Berdasarkan hasil polling JTN, update per Minggu (5/5) menunjukkan Wasto, pria yang kini juga aktif menjadi pembina Kader Lingkungan Kota Malang itu, meraih 36 persen. Disusul peringkat kedua yakni pengusaha Malang Heri Cahyono atau akrab dikenal Sam HC 15 persen. Sementara posisi ketiga diduduki Penjabat (Pj) Wali Kota Malang Wahyu Hidayat dengan angka 12 persen.

Hasil polling bacawali 2024 yang dilakukan JTN  menunjukkan nama Wasto dikenal luas di masyarakat karena pengalaman dan keterlibatannya dalam pembangunan daerah sebelumnya. Reputasi Wasto dalam menjalankan tugas-tugas sebelumnya juga dapat menjadi pertimbangan bagi pemilih.

Sementara Sam HC kembali maju dalam Pilkada 2024. Namun kali ini, pria asal Kasembon  Kabupaten Malang, ini akan maju untuk Pilkada Kota Malang. 

Diketahui, Sam HC sempat maju dalam Pilkada Kabupaten Malang periode 2020-2025, berdampingan dengan pengacara kondang Malang Gunadi Handoko sebagai calon wakil bupati. 

Namun sayang, pasangan yang diusung Gerakan Malang Jejeg ini harus puas dengan perolehan tak lebih dari 15 persen suara. Perolehan suara Sam HC kalah dengan dua pasangan calon (paslon) lain yang diusung oleh koalisi parpol saat itu. 

Posisi dua yang didapat Sam HC dalam polling bacawali Malang 2024 menunjukkan pemilih ingin sosok baru yang memiliki visi dan program yang segar.

Meski begitu, hasil polling bakal calon wali kota Malang 2024 bisa berubah seiring dengan aspirasi masyarakat dan pembaca JatimTIMES.

Saat bertemu JatimTIMES, Wasto mengaku kaget dengan polling yang telah beredar luas tersebut. Bahkan ia juga tidak mengetahui bahwa namanya masuk dalam penjaringan tersebut.

“Pertama saya tidak tahu kalau JatimTIMES mengadakan polling. Kedua saya juga tidak tahu kalau nama saya dimasukkan. Ketiga, saya juga tidak tahu masyarakat mana yang mengisi polling,” kata Wasto, Selasa (7/5/2024).

Menanggapi hal tersebut, Wasto mengaku bahwa hal tersebut bukanlah kehendaknya pribadi. Sebab, ia mengaku belum pernah melakukan pembicaraan yang mengerucut pada bacawali.

Baca Juga : Yudi Meira Siap Mundur dari Dewan Demi Rekomendasi PDI-P di Pilkada Kota Blitar

“Itu kan masyarakat, bukan berasal dari nafsu atau kehendak saya. Kalau (yang berkontribusi pada polling itu) masyarakat, ya saya bersyukur. Berarti di mata masyarakat, saya kira-kira masih dipandang,” ungkap Wasto.

“Intinya saya menghargai masyarakat, walaupun belum tentu saya menuju ke sana,” imbuh Wasto.

Disinggung isu terkait dirinya yang sempat menjalani fit and proper test di PKB, Wasto membantahnya. Ia mengaku rencana itu justru dilakukan saat ramai pemilihan calon legislatif (caleg) beberapa waktu lalu.

“Kalau tanggapan saya, tidak ada korelasinya. Tapi kalau masyarakat menilai beragam, itu ya tidak ada masalah dari masyarakat,” ujar Wasto.

Lebih mendalam, saat wartawan JatimTIMES menanyakan jika ada bendera partai yang akan berkomunikasi, Wasto tak berkomentar lebih jauh. Ia terkesan masih malu-malu jika diajak komunikasi terkait politik.

“Karena ini sebuah andai-andai, jadi ya tidak perlu dijawab. Kalau bukan andai, mungkin akan saya jawab,” tukas Wasto.

Berikut ini rincian perolehan polling JTN Pilkada  Kota Malang 2024, dari yang tertinggi hingga terendah per Minggu (5/5):

1. Wasto (36%)
2. Heri Cahyono (15%)
3. Wahyu Hidayat  (12%)
4. Lathifah Sohib (10%)
5. Abah Anton (8%)
6. Rendra Masdrajad  (7%)
7. Djoni Sudjatmoko (3%)
8. I Made Riandiana Kartika (2%) 
9. Sofyan Edi Jarwoko (1%)
10. Sutiaji (1%)
11. Sri Untari Bisowarno (1%)
12. Moreno Soeprapto (1%) 
13. Fuad Rahman (1%)
14. Hikmah Bafaqih (1%)
15. Amithya Ratnanggani (0%)
16. Imam Supandi (0%)


Topik

Politik Pilkada Kota Malang Wasto mantan sekda Kota Malang polling JatimTIMES Network



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Yunan Helmy