Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik Pilkada Kabupaten Malang

Diperintah Ketum PKB, Lathifah Shohib Siap Maju Bacalon Bupati Malang

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Yunan Helmy

07 - May - 2024, 17:41

Placeholder
Lathifah Shohib (tengah) saat mengabadikan momen bersama masyarakat pada saat Pilkada 2020 lalu. (Foto: Istimewa, Dok. Malang Bangkit)

JATIMTIMES - Lathifah Shohib menyebut dirinya akan maju sebagai bakal calon (bacalon) bupati Malang pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Malang 2024. Keputusan tersebut disampaikan Lathifah usai dirinya mendapatkan perintah dari Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar.

"Saya diperintah oleh ketum. Ketum minta supaya maju N1 (bacalon bupati Malang), jangan N2 (bacalon wakil bupati Malang)," ucap Lathifah saat dikonfirmasi awak media, Selasa (7/5/2024).

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

Menindaklanjuti mandat tersebut, Lathifah mengaku telah mendaftar penjaringan bakal calon kepala daerah (bacakada) melalui DPP PKB. "Saya kan pengurus DPP (PKB). Jadi, jalur pendaftaran itu kan (ada yang) lewat DPP dan DPC (dewan pengurus cabang). Jadi, saya (mendaftar) melalui jalur DPP," ujarnya.

Meski mengakui sudah mendaftar bacakada ke DPP PKB, Lathifah mengaku hingga kini masih dalam tahapan proses seleksi. Sehingga rekom belum turun kepadanya.

"Sedang proses, kan masih ada proses. FIt and proper test dan lain sebagainya," ujar Lathifah.

Terlepas dari proses tahapan penjaringan bacakada, Lathifah secara pribadi mengaku siap jika ditugaskan untuk kembali maju dalam Pilkada Kabupaten Malang 2024. "Ya insya Allah siap lah," tuturnya.

Kesiapan tersebut, diakui Lathifah, juga telah dia buktikan saat Pilkada Kabupaten Malang 2020 lalu. Saat itu Lathifah juga maju sebagai calon bupati Malang menghadapi dua kandidat lainnya. Yakni petahana HM. Sanusi bersama Didik Gatot Subroto (SanDi) dan pasangan dari non-partai politik (parpol) Heri Cahyono dan Gunadi Handoko (Malang Jejeg).

Baca Juga : Hj Munjiyah Jadi Korban Kecelakaan Kereta, Inilah Sejarah Pondok Pesantren KH Noerhasan Nawawi yang Kini Sedang Berduka

Pada Pilkada Kabupaten Malang 2020 lalu, diakui Lathifah, dirinya hanya kalah tipis dari incumbent. Yakni dengan selisih sekitar 3 persen perolehan suara.

Hasil itulah, menurut Lathifah, nantinya akan dijadikan sebagai salah satu modal untuk kembali menghadapi petahana yang dimungkinkan bakal terulang pada Pilkada Kabupaten Malang 2024.

"Kan kita sudah punya modal di 2020 dan itu tetap kita rawat. Selama 2020 sampai sekarang tetap kita rawat. Kemarin waktu di pileg (pemilihan legislatif) juga kita rawat," pungkas Lathifah.


Topik

Politik Pilkada Kabupaten Malang Lathifah Sohib PKB calon bupati Kabupaten Malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Yunan Helmy