Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

Bikin Perut Buncit, 4 Menu Sarapan Ini Sebaiknya Dihindari: No 3 Favorit Bapak-bapak

Penulis : Mutmainah J - Editor : Dede Nana

07 - May - 2024, 07:23

Placeholder
Ilustrasi sereal dengan tambahan gula. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Perut buncit kerap menjadi permasalahan, baik bagi laki-laki maupun perempuan. Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan, perut buncit terjadi ketika lingkar perut melebihi batas aman, yakni pria 80 sentimeter (cm) dan wanita 90 cm.

Perut buncit umumnya disebabkan oleh timbunan lemak visceral. Lemak jenis ini bisa membahayakan tubuh karena menghasilkan bahan kimia dan hormon yang beracun. Sarapan sangat mempengaruhi terjadinya perut buncit. Makan pagi atau sarapan kerap menjadi momen penting sebelum memulai hari. 

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

Oleh karena itu, pemilihan menu sarapan yang dikemas dengan zat gizi baik penting dilakukan. Jangan sampai menu sarapan yang dikonsumsi justru berdampak buruk untuk kesehatan atau bahkan membuat berat badan naik dan perut membuncit.

Berikut ini adalah beberapa menu sarapan yang sebaiknya dihindari agar tidak membuat perut buncit dikutip dari Healthshots: 

Roti putih panggang

Roti panggang

Berbeda dengan roti biji-bijian, roti putih gampang sekali menaikkan berat badan dan menambah lingkar pinggang. Seperti dilansir dari Eat This, Not That!, roti putih akan menaikkan kadar lemak visceral yang bikin perut buncit. Anda disarankan untuk mengonsumsi roti biji-bijian utuh. Roti ini berhubungan dengan lemak visceral.

'Junk' food

Junk food

Demi kepraktisan, orang memilih pesan junk food di restoran cepat saji. Makanan memang cepat tersaji seperti kentang goreng, burger, serta minuman manis. Pun menu ini cepat menaikkan berat badan.Bisa dibilang ini menu sarapan yang bikin perut buncit. Junk food atau fast food tinggi kandungan lemak trans yang kalau dikonsumsi terus-menerus akan memicu obesitas, penyakit jantung dan diabetes.

Sereal dengan gula tambahan

Sereal

Tidak ada yang salah dengan sereal sebagai menu sarapan. Menu ini bernutrisi dan praktis alias tinggal ditambah susu. Masalah terletak pada pilihan sereal tanpa melihat kemasan. Sereal ternyata tinggi gula tambahan.

"Sarapan klasik seringkali tinggi gula, lebih rendah nilai gizinya termasuk vitamin dan mineral, lemak sehat, serat dan protein yang membantu kita menjalani hari dengan perasaan puas dan berenergi," kata Isabel Smith, ahli diet dan pendiri Isabel Smith Nutrition, seperti dilaporkan Insider.

Yogurt dengan perisa

Yogurt

Yogurt bisa membantu menyehatkan pencernaan terutama area usus. Pencernaan yang baik berarti perut rata tanpa menyimpan 'sampah' di usus terlalu lama. Cek yogurt yang dikonsumsi sebab jika kurang jeli, Anda malah mengonsumsi yogurt berperisa dan tinggi gula. Sebaiknya pilih yogurt tawar saja.

"Bagaimana pun, di kebanyakan kasus, versi berperisa mengandung banyak gula tambahan dan sirup," kata Smith.

Yogurt tinggi gula malah jadi menu sarapan yang bikin perut buncit.


Topik

Serba Serbi perut buncit faktor perut buncit makanan bikin perut buncit



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Dede Nana