Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Ekonomi

Bank Indonesia Malang: Keyakinan Konsumen Meningkat di April 2024

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

06 - May - 2024, 20:16

Placeholder
Grafik survey konsumen. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Hasil Survei Konsumen yang dilakukan Bank Indonesia (BI) Malang keyakinan konsumen meningkatkan pada April 2024. Meningkatnya keyakinan konsumen pada April 2024 didorong oleh Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) yang menguat dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang tetap optimis.

Tercatat hasil survei konsumen pada April 2024, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) tercatat sebesar 157,00. Jumlah ini menguat dibandingkan dengan bulan Maret yakni 142,92.

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

IKK tersebut merupakan hasil Survei Konsumen Bank Indonesia Malang mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat. Dengan demikian keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap berada pada level optimis (indeks > 100).

“Kenaikan KIK didorong oleh membaiknya Indeks Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK),” kata Deputi Kepala Perwakilan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang, Dedy Prasetyo.

Indeks Ekonomi Saat Ini (IKE) tercatat sebesar 147,17 meningkat dibanding bulan sebelumnya yang berada di angka 134,17. Meningkatnya KIE didorong dengan kenaikan komponen pembentukya, terutama pada Indeks Penghasilan saat ini.

Peningkatan tersebut sejalan dengan terus meningkatnya aktivitas ekonomi yang menunjukkan geliat ekonomi masyarakat melalui peningkatan konsumsi masyarakat menjelang HKBN Idul Fitri. Sejalan dengan membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini.

Baca Juga : Ekonomi Jatim Triwulan I-2024 Tumbuh 4,81 Persen, Sumbang 25 Persen Perekonomian Jawa

“Optimisme konsumen terhadap perkiraan kondisi ekonomi 6 bulan ke depan juga terpantau menguat dibandingkan bulan sebelumnya,” imbuh Dedy.

Pada Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) April 2024 tercatat sebesar 166,83 meningkat dari 151,67 pada Maret 2024. Peningkatan tersebut didorong dari kenaikan komponen penyusun EIK, terutama Indeks Kegiatan Usaha.


Topik

Ekonomi ban indonesia bi malang dedy pasetyo



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya