Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Sosok Eko Patrio Trending di X usai Disiapkan PAN Jadi Menteri Kabinet Prabowo

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Yunan Helmy

06 - May - 2024, 19:20

Placeholder
Momen kebersamaan Eko Patrio dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto, Ketum PAN Zulkifli Hasan dan istri Eko Patrio, Viona Rosalina. (Foto: Instagram Eko Patrio)

JATIMTIMES - Belakangan ini nama pelawak sekaligus politikus Eko Patrio tengah menjadi sorotan. Hal ini terjadi setelah namanya disebut oleh Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) menjadi calon menteri di kabinet Prabowo.  

Awalnya Zulhas membahas soal kader PAN yang disiapkan dalam Pilkada Jakarta. Lantas munculah nama-nama kader PAN yang dimaksudkan dalam Pilkada Jakarta hingga menyebut nama Eko Patrio. 

Baca Juga : Viral Syekh Ahmad Maeno Shalawatan Pakai Bahasa Jepang, Netizen Malah Sebut Mirip Lagu Anime

"Kalau Jakarta ada Zita, ada Pasha, ada Eko. Tapi kan Eko calon menteri ya," kata Zulhas. 

Hingga Senin (6/5), nama Eko Patrio trending di X dengan 2,4 riby cuitan. Kebanyakan netizen membahas soal rencana PAN yang menyiapkan Eko Patrio sebagai kadernya untuk menjadi menteri dalam kabinet Prabowo-Gibran. 

Lantas siapa sosok Eko Patrio? Pria bernama lengkap Eko Hendro Purnomo ini adalah seorang pelawak, pembawa acara, produser dan politikus Indonesia.

Pria berusia 54 tahun tersebut dikenal memiliki tiga anggota grup komedi Indonesia. Yakni Patrio bersama Eddy Soepono dan Muhammad Akri.

Saat masih SMA, pria yang dilahirkan dari pasangan Sumarsono Mulyo dan Sumini itu membentuk kelompok lawak Seboel, singkatan dari Sekelompok Bocah Eling, bersama Jejen dan Tejo. Grup tersebut memenangi sebuah lomba lawak yang diadakan oleh Radio Suara Kejayaan. 

Saat menjadi penyiar radio, Eko Patrip berkenalan dengan Miing atau Dedi Gumelar dari kelompok Bagito, ketiga anggota Warkop DKI (Dono, Kasino, Indro), Ulfa Dwiyanti, Akri dan Parto.

Setelah itu, Tejo dan Jejen digantikan oleh almarhum Taufik Savalas dan Akri. Setelah Taufik keluar, kelompok Seboel dibubarkan dan Eko masuk Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta untuk menuntut ilmu. 

Ketika lulus kuliah, Eko  kembali membentuk kelompok lawak baru bernama Patrio bersama Akri dan Parto. Kelompok ini kemudian muncul di Televisi Pendidikan Indonesia dengan acara Ngelaba dan mulai terkenal.

Eko menikah dengan aktris Viona Rosalina pada 12 Oktober 2001. Dari perkawinan itu, keduanya dikaruniai tiga orang anak. Masing-masing Syawal Adrevi Putra Purnomo, Nayla Ayu, dan Cannavaro Adrevi Putra Purnomo.

Baca Juga : Banyak Pedagang di Pinggir Jalan, Bikin Sejumlah Lapak di Dalam Pasar Gadang Gulung Tikar

Pada tahun 2009 melalui Partai PAN, Eko menjadi caleg nomor urut satu untuk daerah pemilihan Jawa Timur 8, yang mencakup Kabupaten Nganjuk, daerah kelahiran orang tuanya.

Suami Viona Rosalina ini kemudian kembali maju pada Pemilu 2014 dari Dapil Jawa Timur VIIl. Keberuntungan pun berpihak padanya karena kembali lolos ke Senayan untuk periode 2014-2019. 

Nama Eko Patrio juga pernah masuk daftar calon gubernur (cagub) DKI Jakarta yang akan diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017. Namun, PAN akhirnya mendukung pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Pilkada DKI 2017. 

Pada Pemilu 2019, Eko Patrio untuk kali pertama mencoba peruntungan dengan maju sebagai caleg dari Dapil Jakarta 1. Dia pun berhasil. 

Usai sukses melenggang ke Senayan, karier politik Eko Patrio di PAN semakin moncer. Dia terpilih kembali sebagai ketua DPW PAN DKI Jakarta dari hasil Musyawarah Wilayah Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN DKI Jakarta yang digelar di Cipinang, Jakarta Timur, pada 12 Juli 2020. 

Eko tercatat sudah empat kali terpilih menjadi wakil rakyat atau anggota DPR. Terbaru, dia terpilih pada Pileg 2024 dari Dapil DKI Jakarta I. 


Topik

Peristiwa Eko Patrio menteri kabinet Prabowo PAN



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Yunan Helmy