Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Advertorial

Angkutan Pelajar Gratis Mulai Layani Pulang-Pergi, Pj Wali Kota Batu: Masih Butuh Sosialisasi

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : Yunan Helmy

06 - May - 2024, 17:12

Placeholder
Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai meninjau pelaksanaan hari pertama Angkutan Pelajar Gratis (Apel Gratis) Kota Batu.

JATIMTIMES - Program Angkutan Pelajar Gratis (Apel Gratis) di Kota Batu mulai beroperasi pada Senin (6/5/2024). Angkot yang beroperasi ditujukan untuk membantu siswa-siswi untuk pergi dan pulang sekolah. Tanpa dipungut biaya, angkot melayani pelajar di 9 jalur dengan 20 titik tunggu.

Pemkot Batu terus melakukan evaluasi program angkutan gratis ini. Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai berharap program ini dapat terus dikembangkan dan semakin meringankan beban siswa dan wali murid. Selain itu, ia berharap beroperasinya angkot gratis dapat membantu perekonomian khususnya para sopir angkutan.

Baca Juga : Ngantor di Kelurahan, Wali Kota Eri Temukan Solusi Pelayanan Adminduk

Pj Aries juga sempat menunjau secara langsung hari pertama pemberlakuan Angkutan Pelajar Gratis (Apel Gratis) di halaman Kelurahan Songgokerto, Senin pagi tadi. Beberapa mobil angkutan telah siap di titik tunggu mulai pukul 5.30 WIB.

Menurut Aries, Pemerintah Kota Batu telah bekerja sama dengan MPU (mobil lenumpang umum) berbagai jalur untuk memberikan fasilitas kepada pelajar Kota Batu untuk meminimalisasi angka kecelakaan pelajar.

"Semoga berjalan dengan baik. Program masih terus disosialisasikan kepada masyarakat agar anaknya bisa memanfaatkan angkot gratis ini ketika berangkat dan pulang sekolah. Tujuan utamanya adalah untuk meminimalisasi angka kecelakaan pelajar di jalan raya," ujar Aries.

Selama beroperasi, keberangkatan mulai pukul 6.45 WIB. Sementara pada siang hari, angkutan diharuskan melakukan penjemputan untuk kembali ke titik tunggu awal. Siswa diminta mengisi daftar nama yang menggunakan layanan. Berikutnya setiap sopir akan menyerahkan daftar nama, sekolah dan tanda tangan siswa ke kantor UPT Dinas Perhubungan di Terminal Batu.

 Aries mengatakan,  jam operasional pelaksanaan angkutan gratis ini dibagi dalam tiga sesi. Yakni berangkat sekolah pada pukul 05.30-07.00 WIB. Sedangkan untuk pulang dibagi 2 sesi  pukul 11.00-12.30 WIB. dan pukul 15.00-14.30 WIB. MPU tersebut telah ditempel stiker bertuliskan "Apel Gratis".

Baca Juga : 43 Kepala Negara Hadiri World Water Forum, Bali hingga Jatim Dijaga Ketat

Aries juga meninjau para pelajar yang memanfaatkan fasilitas angkutan gratis ini di depan SMA Negeri 1 Batu. "Alhamdulillah, banyak masyarakat yang sudah tahu dan memanfaatkan fasilitas ini. Semoga ke depan semakin banyak yang sadar akan pentingnya keselamatan lalu lintas bagi pelajar," imbuhnya.

Terpisah, salah seorang sopir Angkutan Pelajar Gratis Yakup mengapresiasi pemberlakuan program ini. Sebab, angkotnya bisa kembali beroperasi setelah sepi penumpang sejak pandemi covid-19 dua tahun silam.

"Menurut saya bagus. Kan angkot ini sudah lama tidak jalan. Sejak corona (pandemi covid-19) sepi hampir tidak ada penumpang sama sekali. Sekarang ada program ini bisa jalan lagi," ungkap Yakup.


Topik

Advertorial Angkutan Pelajar Gratis Pemkot Batu Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai Aple Gratis



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

Yunan Helmy