Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Transportasi

Angkot Gratis untuk Pelajar Kota Batu Mulai Beroperasi, Sejumlah Titik Tunggu Masih Sepi

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : Nurlayla Ratri

06 - May - 2024, 14:45

Placeholder
Sopir angkutan gratis untuk pelajar (Apel Gratis) menunjukkan lembar absensi siswa yang memanfaatkan angkot untuk berangkat sekolah.(Foto: Prasetyo Lanang/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Angkot gratis untuk pelajar di Kota Batu mulai diberlakukan sejak Senin (6/5/2024) pagi. Siswa yang hendak ke sekolah, terutama jenjang SMP difasilitasi angkutan gratis di sembilan jalur. 

Namun, di hari pertama pengoperasiannya masih cenderung sepi di sejumlah titik tunggu (waiting point). Beberapa angkot terlihat menunggu siswa di titik tertentu seperti Tugu Gentong Junrejo Kota Batu mulai pukul 6.30 WIB. 

Baca Juga : Dorong Maju Pilkada Batu, Relawan Kris Dayanti Ambil Formulir Pendaftaran Bacawali di DPC PDIP

Di jalur lain seperti Batu-Bumiaji, angkot gratis pelajar diketahui peminatnya masih sepi. Dari pihak sopir angkutan menyadari belum semua masyarakat utamanya siswa arau orang tua siswa mengetahui program ini. Termasuk titik tunggu yang dipetakan.

Salah satunya diungkapkan Yakup, sopir angkot jalur Batu-Bumiaji. Dia mengaku hingga jam pemberangkatan ia baru mengantarkan sekitar tiga siswa setingkat SMP. Ia diharuskan siaga sejak pukul 6.00 di titik tunggu yang ditentukan untuknya.

"Pelaksananya mulai tadi pagi, jalur Bumiaji saya ngantar anak sekolah Mts (Madrasah Tsanawiyah) saja. Jemputnya di Pos Polisi Sisir," kata Yakup saat ditemui usai mengantar siswa di Terminal Batu, Senin (6/5/2024).

Menunggu di terminal, angkotnya diperbolehkan beroperasi seperti biasa jika ada penumpang. Dikatakannya, angkot harus siaga kembali di titik penjemputan sekolah dan mengantarkan ke titik tunggu awal sekitar pukul 13.30 WIB.

Pada hari pertama angkot gratis beroperasi, Yakup mengaku masih belum banyak yang berminat. Di jalur yang sama dengannya, satu angkot juga tidak datang di titik tunggu. "Tadi hanya dua mobil (angkot) ngangkut enam anak SMP. Setelah itu sudah balik ke terminal," sebutnya.

Yakup.menjelaskan, pelajar yang digratiskan ialah yang menggunakan seragam sekolah masing-masing. Para siswa sekolah itu diharuskan mengisi absen khusus di angkot. Kemudian data absensi berisi nama, asal sekolah dan tandatangan siswa diserahkan ke kantor UPT Terminal milik Dinas Perhubungan. 

"Pulangnya nanti juga setor (absensi) lagi ke kantor," kata Yakup.

Dengan penerapan tanpa tarif, setiap harinya angkot diberikan subsidi senilai Rp105 ribu. Yakup menyebut jumlah itu cukup mengganti uang biaya akomodasi angkot siswa. 

Ia merasa program angkot gratis cukup membantu angkutan umum untuk kembali lebih aktif beroperasi. Sebab, sejak pandemi dua tahun lalu angkutan umum kesulitan mendapatkan penumpang dan cenderung sepi hingga sekarang.

"Menurut saya bagus, kan angkot ini sudah lama tidak jalan. Sejak corona (Covid-19) sepi hampir tidak ada penumpang sama sekali. Sekarang ada program ini bisa jalan lagi," imbuh Yakup.

Sebagai informasi, titik tunggu penjemputan pelajar telah dipetakan oleh Pemkot Batu melalui Dishub Kota Batu. Dalam pengoperasian, angkutan gratis bagi pelajar mengikuti rute trayek pada 9 jalur Mobil Penumpang Umum (MPU). 

Dari 9 jalur tersebut ada 20 titik tunggu. Berikut titik tunggu bagi pelajar yang ingin menggunakan fasilitas angkutan gratis:

Baca Juga : Giatkan Produk Lokal, Pj Bupati Jombang Ajak Warga Nikmati Kopi Wonosalam

1. Jalur BS-A (Batu-Songgoriti) : Pemandian Tirta Nirwana Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Indomaret Jl. hasanuddin

2. Jalur BS-B (Batu-Songgoriti) : Pemandian Tirta Nirwana Songgoriti, Kelurahan Songgokerto

3. Jalur BSS (Batu-Selecta-Sumber Brantas) : Translock Jl. Raya Junggo dan Rest Area Sidomulyo

4. Jalur BB (Batu-Bumiaji) : Kantor KUA Bumiaji Jalur BJL (Batu-Junrejo-Landungsari) : Simpang 3

5. Tugu Gentong Junrejo, Simpang 4 Tlekung, dan Tugu Pancasila Oro-Oro Ombo

6. Jalur BGK (Batu-Giripurno-Karangploso) : Pertigaan Dusun Sekar Putih Desa Pendem dan Masjid Giripurno

7. Jalur BL (Batu-Landungsari) : Pos Apel Jl Ir. Soekarno Dadaprejo, Simpang Arhanud, Ruko Nina Artha Mojorejo, dan Alfamart Rejoso Mojorejo

8. Jalur BG (Batu-Gunungsari) : Tugu Wisata Petik Mawar Gunungsari, Simpang 4 Al-Izzah, dan Rest Area Sumberejo

9. BTL (Batu-Torongrejo-Landungsari) :Karangmloko Dadaprejo Tengah dan Kantor Urusan Agama Junrejo


Topik

Transportasi Kota Batu angkot gratis pelajar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

Nurlayla Ratri