Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Selebriti

Mahalini dan Rizky Febian Resmi Langsungkan Prosesi Memapit Hari Ini 

Penulis : Binti Nikmatur, Mutmainah - Editor : Yunan Helmy

05 - May - 2024, 14:53

Placeholder
Momen Mahalini dan Rizky Febian melaksanakan prosesi adat Bali sebelum pernikahan. (Foto: Instagram)

JATIMTIMES - Penyanyi Mahalini dan Rizky Febian telah melangsungkan upacara adat Dharma Suaka atau Mepamit hari ini, Minggu (5/5) di kediaman Mahalini, Banjar Aseman Kawan, Desa Tibubeneng, Kuta Utara, Badung, Bali. Kabar itu resmi disampaikan melalui akun Instagram pribadi keduanya dan manajemen. 

Dalam unggahannya di Instagram, Mahalini terlihat anggun dengan mengenakan busana adat Bali bergaya modern. Penyanyi bernama lengkap Ni Luh Ketut Mahalini Ayu Raharja itu mengenakan kebaya cokelat keemasan. Warna pakaian Mahalini tersebut senada dengan pakaian yang dikenakan keluarganya maupun keluarga Rizky Febian.

Baca Juga : Menyemai Semangat Kebangsaan: OSIS SMP Se-Kota Blitar Beraksi dalam Outbound Training di Penangkaran Rusa Maliran

Dalam keterangan yang dibagikan, dijelaskan bahwa Dharma Suaka adalah proses adat Bali saat calon mempelai pria meminta izin meminang (ngidih) kepada keluarga calon mempelai wanita untuk melangkah ke jenjang selanjutnya. 

"Acara dilanjutkan dengan upacara Mepamit, yang bermakna calon pengantin wanita (pradana) meminta izin kepada para leluhurnya untuk menikah dan selanjutnya menjadi tanggung jawab calon pengantin pria (purusha) dan keluarganya di masa depan. Rangkaian acara hari ini akan menjadi pembuka rangkaian prosesi lainnya sebelum menuju hari pernikahan nanti," demikian keterangan unggahan akun tersebut, pada Minggu (5/5) sekira pukul 14.10 waktu setempat. 

Dalam potret yang dibagikan juga terlihat Mahalini mengenakan kamen atau kain bercorak krim dengan selendang songket khas Bali yang melingkar pada pinggangnya. Sedangkan pada bagian kepala, pelantun tembang 'Mati-matian' itu mengenakan hiasan bunga emas.

Terlihat juga kehadiran Rizky Febian juga didampingi oleh keluarga. Di antaranya, ayah Rizky, Sutisna alias Sule, dan adik-adiknya, yakni Putri Delina dan Rizwan Fadilah, juga turut hadir mengenakan pakaian adat Bali berwarna cokelat. 

Setelah prosesi Mepamit, Mahalini dan Rizky Febian bakal melangsungkan ijab kabul pernikahan pada 8 Mei 2024 di Jakarta. 

Sebelumnya, pernikahan kedua penyanyi itu sempat disorot lantaran agama kedunya yang berbeda. Rizky Febian beragama islam dan Mahalini beragama Hindu. 

Baca Juga : Putusan Sidang Bocor ke Publik: Ria Ricis Trending, Teuku Ryan Tuai Sorotan Netizen

Hingga Minggu (5/5) siang, nama Mahalini juga masih trending di penelusuran Google. Hal ini terjadi setelah video dan foto saat prosesi Mepamit di Bali mulai tersebar di sosial media. 

Soal ramainya nikah beda agama yang dilakukan Mahalini dan Rizky Febian, Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH M. Cholil Nafis angkat bicara. Cholil menuliskan di akun X pribadinya bahwa pernikahan keduanya tidak sah berdasarkan ajaran agama Islam. Meski sah secara admimistrasi negara, tetapi akad yang dilangsungkan tidak. Menurut dia, pernikahan itu sama saja seperti zina.

"Nikah beda agama kalau menurut Islam itu tidak sah. Sedangkan pemerintah itu hanya pencatatan nikah, bukan mengesahkan akad nikahnya. Artinya, perkawinan beda agama itu saat hubungan suami istri sama dengan berzina menurut ajaran Islam," cuitnya Cholil Nafis di X pada Jumat (3/5/2024).


Topik

Selebriti Mahalini Rizky Febian pernikahan selebriti



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur, Mutmainah

Editor

Yunan Helmy