Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Hiburan, Seni dan Budaya

Abstraksi Ingatan Masa Kecil Diwujudkan Seniman Muda dalam Pameran Karya Uncovering The Hidden Things

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

05 - May - 2024, 12:21

Placeholder
Karya seniman muda Victor Syahrul Akbar dengan merefleksikan momen masa lalu kecil dalam berbagai abstraksi dipamerkan di Relief Gelery Rayz Hotel UMM 4-10 Mei 2024.(Foto: Prasetyo Lanang/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Relief Gallery di Rayz UMM Hotel dipenuhi karya unik dari seniman muda Victor Syahrul Akbar, Sabtu (4/5/2024). Dalam sebuah pameran tunggal itu merefleksikan ingatan-ingatan masa lalunya dalam 10 karya. Terutama ingatan akan masa kecil dan lingkungan di kampung halaman dalam berbagai bentuk abstraksi.

Berawal dari keresahan tentang mengingat masa-masa itu, kesepuluh karyanya dipamerkan hingga 10 Mei mendatang, bertajuk Uncovering The Hidden Things. Victor ingin menggali ingatan-ingatannya yang sempat terpendam dengan kesibukan masa dewasa.

Baca Juga : BUMN SIER Dukung Mobil Hemat Energi Nogogeni Karya Mahasiswa ITS

"Saya ingin mengekskavasi ingatan-ingatan masa lalu terutama masa kecil dan mengekspresikannya dalam karya abstraksi berbentuk simbol-simbol khusus tentang peristiwa yang terjadi, saat kita masih bocah dengan segala keceriaannya adalah masa-masa yang paling membekas," terangnya, Sabtu (4/5/2024) malam.

Untuk menggambarkan ingatan masa kecil, Victor menumpahkannya dalam tiga media berbeda. Yaitu kanvas bentuk yang menggambarkan simbol-simbol dalam ingatannya, kanvas panel untuk ingatan-ingatan acak, dan kanvas besar yang menggambarkan tempat atau lingkungan dimana memori itu berada atau terjadi.

Karyanya dibuat dari beberapa media hasil eksplorasinya. Mulai dari cat, dakron, pelapis kayu, arang, dan media lainnya. Sebuah karya bertajuk ‘Glory Days’ dianggap Victor sebagai karya paripurnanya dalam pameran tersebut. Ia merampungkan keseluruhan dalam waktu setahun eksplorasi keseniannya.

"Glory Days merepresentasikan ingatan saya saat dulu masih kecil, dunia semuanya serasa seperti sore hari. Sore hari yang kuning keemasan saat matahari tenggelam dan semua objek terlihat dibungkus warna itu. Dalam karya ini saya tuangkan simbol warna keemasan itu sebagai kejayaan," jelas dia.

Sejumlah karya juga menampakkan bentuk kanvas yang unik, di antaranya menyerupai sendal dan tumpukan batu. Dimana salah satu yang diangkat adalah momen bermain gobak-boik atau boi-boian saat masa kecilnya. Menceritakan bagaimana gobak-boik dimainkan dengan pecahan genting disusun dan dikenai bola kecil.

Baca Juga : Gandeng UMKM, Primitive Chimpanzee Hadir Obati Kangen Pencinta Musik Cadas

Victor bilang, dia terinspirasi saat melihat foto-foto masa kecil dengan warna-warnanya yang monokrom atau kusam. "Makanya terkesan seperti semua foto itu menunjukkan sore hari semua,” terangnya.

Melalui pameran karya itu, Victor ingin menyampaikan pesan kepada para penikmat bahwa ingatan masa kecil adalah sesuatu yang pantas dirawat.

"Yang saya harapkan adanya refleksi audiens dalam merawat ingatan masa lalu terutama saat dulu masih kecil, sebagai timbal balik. Ada beragam pesan dalam ingatan tersebut seperti contohnya sopan ke orang tua, maupun sebagai evaluasi terhadap hal hal yang telah terjadi, dan lain-lain," tandasnya.


Topik

Hiburan, Seni dan Budaya Pameran Seni Relief Gallery Rayz UMM Hotel Victor Syahrul Akbar relief gallery



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

Sri Kurnia Mahiruni