Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Transportasi

Imbas Kebakaran KM Bukit Raya, Pelni Ubah Rute KM Lawit untuk Angkut Penumpang ke Surabaya

Penulis : Muhammad Choirul Anwar - Editor : A Yahya

04 - May - 2024, 18:36

Placeholder
Kapal milik PT Pelni tengah mengangkut penumpang.

JATIMTIMES - Hingga saat ini, KM Bukit Raya masih dalam tahap perbaikan sebagai dampak insiden kebakaran yang dialami kapal tersebut beberapa waktu lalu. Terkait hal itu, PT Pelni (Persero) mengubah rute KM Lawit.

Perubahan rute KM Lawit dilakukan untuk mengangkut penumpang asal Pontianak tujuan Surabaya yang biasanya dilayani menggunakan KM Bukit Raya. Dengan adanya perubahan rute ini, KM Lawit tidak menyinggahi Semarang dan Kumai. 

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Evan Eryanto mengatakan, omisi atau perubahan rute KM Lawit ini dilakukan untuk mengantisipasi banyaknya penumpang asal Pontianak tujuan Surabaya. 

"Untuk ini kami mohon maaf kepada pelanggan kami di Karimun Jawa dan Kumai, dan dihimbau untuk dapat menyesuaikan jadwal perjalanannya atau menggunakan opsi transportasi lain," terang Evan, Sabtu (4/5/2024).

KM Lawit direncanakan berangkat dari Pelabuhan Pontianak pada Minggu (5/5/2024) pukul 04.00 dan diperkirakan tiba di Surabaya pada Selasa (7/5/2024) pukul 09.00 LT. Dari Surabaya, barulah kapal tipe 1.000 pax ini melanjutkan perjalanannya menuju Batulicin dan Kumai.

Adapun Rute KM Lawit untuk periode pelayaran 2 - 18 Mei yakni Tanjung Priok - Tanjung Pandan - Pontianak - Surabaya - Batulicin - Kumai - Semarang - Kumai - Surabaya - Pontianak. 

"Untuk mengetahui ketersediaan tiket dan jadwal kapal, pelanggan Pelni dihimbau untuk melihatnya di aplikasi Pelni Mobile. Apabila mendapati ada pihak-pihak lain atau calo yang menawarkan tiket, agar dapat melaporkan hal tersebut kepada petugas Pelni terdekat," serunya.

Baca Juga : Jajaki KUB, Bank Jatim dan Bank Banten Tanda Tangani NDA

Sebelumnya, insiden kebakaran menimpa KM Bukit Raya saat sedang labuh jangkar di perairan Pelabuhan Pontianak, Kamis (25/4/2024). Insiden di KM Bukit Raya pertama kali diketahui sekitar pukul 14.05 LT dengan munculnya kepulan asap dari area dek 6 depan kiri. 

KM Bukit Raya merupakan kapal penumpang milik Pelni dengan kapasitas angkut 1.000 pax dengan rute regular Tanjung Priok - Blinyu - Kijang - Letung - Tarempa - Natuna - Midai - Serasan - Pontianak - Surabaya. 


Topik

Transportasi km bukit raya pelni km lawit evan eryanto



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhammad Choirul Anwar

Editor

A Yahya