Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

April 2024, Kota Kediri Jadi Kota dengan Inflasi Terendah di Jatim 

Penulis : Bambang Setioko - Editor : Dede Nana

03 - May - 2024, 19:00

Placeholder
Foto: (Dok. Istimewa)

JATIMTIMES - Inflasi Kota Kediri April 2024 rendah dan terkendali. Berdasar perhitungan dari Badan Pusat Statistik (BPS) inflasi Kota Kediri April di angka 0,06%. Bahkan Kota Kediri menjadi kota dengan inflasi terendah di Jawa Timur di April. Sementara untuk inflasi year on year (yoy) berada di angka 2,85%. Untuk inflasi year to date sebesar 1,15%.

Pj Wali Kota Kediri Zanarih menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pengendalian harga-harga kebutuhan pokok. Di mana selama Ramadan hingga Idulfitri harga kebutuhan pokok cenderung meningkat. Tetapi di Kota Kediri terkendali dan bisa menjadi kota dengan inflasi terendah di Jatim pada April 2024.

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

"Terima kasih atas kerjasamanya. Saya salut untuk kerja keras semua pihak baik Polri, Bulog, OPD, BUMD dalam sidak pasar, operasi pasar murni dan gerakan pangan murah. Di mana gencar dilakukan selama ramadhan hingga lebaran," ungkapnya, Jumat (3/5/2024).

Zanariah menambahkan komoditas bahan pokok seperti beras, telur ayam, aneka cabai dan daging ayam ras yang sering menjadi pendorong inflasi, pada April ini dapat dikendalikan harganya. Sehingga menjadi komoditas-komoditas penghambat inflasi.

"Pemerintah Kota Kediri bersama TPID terus berfokus mengendalikan inflasi di Kota Kediri. Komoditas apa saja yang berpotensi menyumbang inflasi kita intervensi dengan berbagai kegiatan yang kita lakukan," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian Tetuko Erwin menjelaskan pada April 2024, penyumbang utama inflasi secara month to month adalah kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran dengan andil 0,14%. Komoditas utama penyumbang inflasi antara lain bawang merah, nasi dengan lauk, emas perhiasan, tomat, dan sigaret kretek mesin (SKM). 

Baca Juga : Simposium Nasional di Malang, Pemimpin Perguruan Tinggi Indonesia Jalin MoU

Sementara penyumbang inflasi pada April 2024 secara year on year adalah kelompok makanan, minuman, dan tembakau dengan andil 2,10%. Komoditas utama penyumbang inflasi kelompok ini adalah beras dengan andil 0,74%. 

Selanjutnya kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran dengan andil 0,31%, komoditas utama penyumbang inflasi adalah nasi dengan lauk dengan andil 0,13%. Terakhir kelompok perawatan pribadi dan jasa dengan andil 0,26%, komoditas utama penyumbang inflasi emas perhiasan dengan andil 0,23%.


Topik

Pemerintahan inflasi kota kediri angka inflasi kota kediri pj wali kota kediri bps kota kediri



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Bambang Setioko

Editor

Dede Nana