Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik Pilkada Kabupaten Malang 2024

Sanusi Belum Putuskan Daftar Sebagai Bacabup PDI-P, Daftar Lewat Parpol Lain?

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Dede Nana

03 - May - 2024, 18:45

Placeholder
Kader PDI Perjuangan sekaligus Bupati Malang HM. Sanusi saat ditemui di Pendapa Agung Kabupaten Malang, Jumat (3/5/2024). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Sosok petahana Bupati Malang HM. Sanusi hingga Jumat (3/5/2024) belum memutuskan untuk mendaftar sebagai Bakal Calon Bupati (Bacabup) Malang dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan di Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Malang tahun 2024. 

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang itu mengatakan, bahwa di dalam dunia politik praktis, semuanya serba dinamis. Termasuk dalam penentuan Bacabup Malang. 

"Kita lihat nanti perkembangannya (siapa saja yang akan dimajukan dalam Pilkada Kabupaten Malang 2024)," ujar Sanusi kepada JatimTIMES.com, Jumat (3/5/2024). 

Ditanya kapan akan mendaftarkan diri ke desk Pilkada DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang sebagai Bacabup Malang, Sanusi tidak menjawab secara detail. Dirinya masih menunggu momentum yang tepat. 

"Nanti tunggu dulu (mendaftar sebagai Bacabup Malang lewat PDI Perjuangan)," kata politisi yang dulunya pernah menjadi guru ini. 

Ketika dipertegas kembali oleh awak media terkait waktu yang dianggap tepat oleh dirinya, Sanusi menjawab akan menunggu dulu dan melihat perkembangan yang ada. Terlebih lagi, desk Pilkada DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang dibuka mulai 1 sampai 8 Mei 2024. 

"Nanti dilihat dulu perkembangannya," ungkap Sanusi. 

Lebih lanjut, melihat sikap Sanusi yang hingga saat ini belum melakukan pendaftaran ke desk Pilkada DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang sebagai Bacabup Malang, banyak yang menduga Bupati Malang ini bakal mendaftar sebagai Bacabup Malang melalui partai politik (parpol) lain selain PDI Perjuangan. 

Namun, ketika ditanya mengenai kemungkinan Sanusi mendaftarkan diri sebagai Bacabup di desk Pilkada pada parpol lain, Sanusi pun enggan menjawab. Pria asli Gondanglegi, Kabupaten Malang itu hanya tersenyum tipis menjawab pertanyaan awak media soal dirinya dalam pusaran Pilkada Kabupaten Malang tahun 2024. 

"Nggak (daftar lewat parpol lain). Nanti, nanti saja," tandas Sanusi. 

Sebagai informasi, hingga sementara ini, parpol yang secara resmi telah membuka desk Pilkada untuk penentuan tiket Bacabup dan Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup) Malang yakni ada PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Namun, Sanusi hingga saat ini belum menentukan pilihan akan mendaftarkan diri sebagai Bacabup Malang melalui parpol mana. 

Tercatat, Sanusi merupakan kader PKB sejak tahun 1999 sampai 2020. Lalu menjelang Pilkada Kabupaten Malang tahun 2020, Sanusi berpindah ke PDI Perjuangan. Usai resmi berpindah parpol, Sanusi mendapatkan rekomendasi dari PDI Perjuangan sebagai Bacabup Malang bergandengan dengan Didik Gatot Subroto sebagai Bacawabup Malang. 

Atas strategi politik ini, pasangan Sanusi-Didik berhasil terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Malang. Tercatat, pasangan Sanusi berhasil menyingkirkan pesaingnya yakni pasangan Lathifah Shohib-Didik Budi Muljono serta Heri Cahyono-Gunadi Handoko.


Topik

Politik sanus pilkada kabupaten malang bacabup malang pdip kabupaten malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Dede Nana