Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Rencana Angkot Masuk Terminal Hamid Rusdi, Dishub Kota Malang Segera Sosialisasi

Penulis : Riski Wijaya - Editor : A Yahya

03 - May - 2024, 16:25

Placeholder
Kepala Dishub Kota Malang Widjaja Saleh Putra mendampingi Pj Wali Kota Wahyu Hidayat dan Kepala Dishub Provinsi Jatim Nyono meninjau Terminal Hamid Rusdi.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang segera melakukan sosialisasi kepada sopir angkutan kota (angkot) terkait rencana akan kembali diaktifkannya Terminal Hamid Rusdi. Meskipun sebenarnya rencana itu tak langsung dimaksudkan bagi angkot. 

Sebab, rencana dioperasikannya Terminal Hamid Rusdi adalah untuk menampung atau relokasi sementara bagi pedagang di Pasar Gadang. Hal itu menyusul semakin tidak kondusifnya aktivitas pedagang yang memadati ruas jalan di Pasar Gadang. 

Baca Juga : Paguyuban Pedagang Pasar Induk Among Tani Batu Desak Transparansi Pembagian Bedak

"Itu salah satu analisis Dishub masih ada crowded di Pasar Gadang," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang Widjaja Saleh Putra. 

Menurut pria yang akrab disapa Jaya ini, di satu sisi Pemerintah Kota (Pemkot) Malang membutuhkan ruas jalan di Pasar Gadang bisa berfungsi optimal sebagai akses lalu-lintas kendaraan. Sebab, aktivitas sebagian pedagang yang menggunakan badan jalan dikeluhkan cukup mengganggu lalu-lintas. 

"Pemda (Pemkot Malang juga butuh memfungsikan jalan, karena pedagang sudah mengganggu karena menggunakan badan jalan," imbuh Jaya. Tidak hanya berjualan, namun juga ada sebagian pedagang yang melakukan bongkar muat. 

Kemudian di sisi lain, Dishub Provinsi Jawa Timur juga ingin agar Terminal Hamid Rusdi bisa segera beroperasi, setelah terminal tipe B itu mangkrak selama bertahun-tahun. Mangkraknya terminal itu terlihat dari kondisi terminal. 

Di banyak sudut area terminal, banyak ditumbuhi rumput liar, menyembul di sela-sela paving. Selain itu, di beberapa sudut dinding juga terlihat usang tertutup debu. Kios-kios pun juga nampak tertutup.

Baca Juga : Rencana Pembangunan Pasar Modern, Diskopindag Kota Malang Sebut Ekonomi Mikro Berkembang

"Dari sisi transportasi umum, karena ini tipe B, angkutan kota kami tidak ada masuk di Terminal Hamid Rusdi, sangat dimungkinkan angkutan kota akan diarahkan ke Terminal Hamid Rusdi," terang Jaya. 

Dirinya belum dapat memastikan berapa banyak trayek angkot yang akan digeser untuk dapat masuk ke Terminal Hamid Rusdi. Namun catatan media ini, ada beberapa trayek angkot yang dulunya melintas di Gadang telah berganti menjadi ke Terminal Hamid Rusdi.

"Pokoknya yang trayek Gadang akan diganti ke Hamid Rusdi. Kami segera sosialisasi ke masyarakat sebelum ke Dishub provinsi. Walaupun sedikit memang harus dipaksakan," pungkas Jaya. 


Topik

Pemerintahan Dishub kota malang Widjaja Saleh putra angkot malang g



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

A Yahya