Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Olahraga

Timnas Indonesia Akan Melawan Guinea, 2 Pemain Ini Harus Mereka Waspadai

Penulis : Mutmainah J - Editor : Nurlayla Ratri

03 - May - 2024, 16:02

Placeholder
Ilaix Moriba dan Aguibo Camara. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Tersisa satu jalan untuk Timnas Indonesia U-23 bisa masuk ke Olimpiade 2024. Jalan tersebut yakni Indonesia harus melawan Guinea. 

Laga melawan Guinea ini dijadwalkan berlangsung di Stadion Clairefontaine, Paris, Prancis, pada Kamis (9/5/2024).

Baca Juga : Simposium Nasional Pemimpin, Rektor Institut ASIA Malang: Momen Strategis Gali Pemikiran Sustainability LingkunganĀ 

Guinea dan Indonesia sama-sama finis sebagai peringkat keempat di turnamen masing-masing. Guinea menempati posisi empat di Piala Afrika U-23 2023.

Dari segi kekuatan, Guinea merupakan tim asal Afrika yang sedang naik daun dan mengalami kemajuan pesat di sepak bola.

Sepak terjang mereka di Piala Afrika U-23 tahun lalu bukti. Mereka cuma kalah 0-1 dari Mesir di babak semifinal dan hanya kalah adu penalti dari Mali di perebutan tempat ketiga.

Impresifnya laju Guinea ini tidak terlepas dari materi pemain yang dimiliki. Mayoritas pemain mereka bermain di luar negeri alias abroad.

Di skuad Guinea U-23 yang sekarang, ada 20 pemain yang berkarier di luar negri, 16 di antaranya bermain di Eropa, termasuk di Prancis. 

Pemain-pemain Guinea yang sangat perlu diwaspadai Timnas Indonesia U-23 di antaranya Aguibo Camara. Ia merupakan pemain klub kasta tertinggi Yunani, Atromitos. 

Camara tercatat sebagai pemain Timnas Guinea U-23 dengan nilai pasar tertinggi, yakni 2,5 juta euro atau sekitar Rp43,21 miliar. 

Selain itu, masih ada Ilaix Moriba yang punya harga pasar setara pemain timnas Indonesia senior, Thom Haye.

Baca Juga : Evaluasi Lurah dan Camat, Wali Kota Eri Cahyadi Bersiap Ngantor Lagi di Kelurahan

Gelandang berusia 21 tahun ini adalah jebolan akademi Barcelona. Kini dirinya bermain di klub La Liga Spanyol, Getafe dengan status peminjaman dari RB Leipzig.

Di La Liga Spanyol musim ini, Moriba tercatat sudah bermain dalam 10 pertandingan dengan sumbangan dua assist. Maka dari itu, di usianya yang terbilang muda, ia sudah punya harga pasar tinggi.

Menukil dari data Transfermarkt, Ilaix Moriba memiliki harga pasar senilai Rp52,14 miliar. Itu sama dengan pemain timnas Indonesia senior, Thom Haye.

Meski begitu, belum ada kepastian apakah Moriba bisa bergabung ke Guinea U-23 yang menjadi lawan tim asuhan Shin Tae-yong di playoff Olimpiade Paris 2024.

Pasalnya ajang itu tidak masuk dalam kalender resmi FIFA. Di sisi lain, Moriba masih memiliki jadwal pertandingan bersama Getafe di La Liga Spanyol.


Topik

Olahraga Timnas Indonesia Olimpiade Guinea



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Nurlayla Ratri