Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Pelajar Kabupaten Malang Panen Prestasi Tingkat Daerah hingga Internasional di Hardiknas 2024

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Dede Nana

02 - May - 2024, 19:33

Placeholder
Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto (tengah) bersama para juara di tingkat daerah, nasional hingga internasional di Pendapa Agung Kabupaten Malang, Kamis (2/5/2024). (Foto: Irsya Richa/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pada momentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024, siswa-siswi Kabupaten Malang berhasil torehkan berbagai prestasi di tingkat daerah, nasional hingga internasional. 

Tercatat Tim SMPN 4 Kepanjen berhasil meraih The Grand Award dan The Silver Award Tingkat Internasional dalam lomba International Creativity and Innovation Award (ICIA) 2023: Digital Innovation Challenge. Lalu Tim SMPN 1 Karangploso berhasil meraih Gold Award tingkat internasional lomba ICIA 2023: Innovation Award. 

Kemudian Muhammad Irsyad Asrif siswa SMP Islam Bani Hasyim Singosari berhasil meraih medali perak dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang SMP tingkat nasional di bidang lomba Matematika. 

Lalu, Tim SMPN 4 Kepanjen berhasil meraih juara tiga dalam lomba desain logo Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) di tingkat nasional. Selain itu, Tim SMPN 4 Kepanjen juga meraih juara satu dalam lomba SSK paripurna Provinsi Jawa Timur (Jatim). 

Selanjutnya, tim SDN 2 Jeru Tumpang berhasil meraih juara satu dalam lomba pantomim Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SD tahun 2024 di tingkat kabupaten; SDN 2 Girimoyo Karangploso berhasil meraih juara satu dalam lomba seni tari FLS2N SD tahun 2024 di tingkat kabupaten; SDN 1 Pagentan Singosari berhasil meraih juara satu dalam lomba gamnar bercerita FLS2N SD tahun 2024 di tingkat kabupaten; SDN Penarukan Kepanjen berhasil meraih juara satu dalam lomba kriya FLS2N SD tahun 2024 di tingkat kabupaten; serta SDN 1 Wonokerto Bantur berhasil meraih juara satu dalam lomba menyanyi solo FLS2N SD tahun 2024 di tingkat kabupaten.  

Selain itu, terdapat empat siswa SMPN dan empat siswa SDN yang berhasil mendapatkan juara dalam Lomba Vlog Hardiknas dengan tema "Sekolahku Kebanggaanku".  Di antaranya Dzurriyatil Kamila dari SMPN 3 Kepanjen meraih juara satu; Aira Yukynawa Sofyan dari SMPN 1 Pagak juara dua; Mei Dinda Aulia dari SMPN 1 Sumbermanjing Wetan juara tiga; dan Azwar Albiansyah Divo dari SMPN 4 Kepanjen juara favorit. 

Lalu, untuk tingkat SD terdapat nama Aisyah Aila Varisha dari SDN 2 Kebonagung Pakisaji juara satu; Bagash Dega Adiswara dari SDN 1 Pandanlandung Wagir juara dua; Gea Fourteen Natalia dari SDN 1 Sidodadi Gedangan juara tiga dan Veriska Larasati dari SDN 3 Harjokuncaran Sumbermanjing Wetan juara favorit. 

Sementara itu, Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto mengucapkan selamat atas keberhasilan para tenaga pendidik dan siswa-siswi yang berhasil menorehkan prestasi di tingkat daerah, provinsi, nasional maupun internasional.  

Didik pun menyinggung Indeks Prestasi Pendidikan di Kabupaten Malang di saat dirinya memimpin Kabupaten Malang mendampingi Bupati Malang HM. Sanusi di tahun 2021, Indeks Prestasi Pendidikan Kabupaten Malang berada di angka 3,8. 

"Kami sebagai pemerintah daerah mengucapkan selamat kepada teman-teman pendidik dan anak-anak semua indeks prestasi pendidikan kita yang di awal saya bersama Pak Bupati dilantik, Indeks Prestasi Pendidikan di angka 3,8, tapi hari ini mencapai 8,5 lebih," terang Didik kepada JatimTIMES.com, Kamis (2/5/2024). 

Menurutnya, berbagai torehan prestasi yang berhasil diraih oleh tenaga pendidik maupun para siswa-siswi telah merubah wajah pendidikan Kabupaten Malang lebih baik lagi. "Saya berharap tahun depan sudah harus di atas sembilan sehingga para pendidik dan siswa Kabupaten Malang memberikan warna di tingkat provinsi maupun nasional," kata Didik. 

Lebih lanjut, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Suwadji mengatakan, bahwa Pemkab Malang melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Malang telah membantu memfasilitasi sekolah untuk berwawasan global. 

"Sehingga ada 10 sekolah yang bekerja sama dengan KEK Singosari dalam mengembangkan IT maupun yang lain. Seperti SMPN 4 Kepanjen dan SMPN 1 Karangploso yang mengikuti event internasional, Alhamdulillah bisa meraih juara. Ini terus kita kembangkan bahwa siswa-siswi ini memiliki talenta kreatif dan inovatif, tentunya update dengan perkembangan," pungkas Suwadji.
 


Topik

Pemerintahan hari pendidikan nasional wabup malang sanusi prestasi pelajar kabupaten malang dinas pendidikan kabupaten malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Dede Nana