Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Dibuka 4 Jalur PPDB SMP di Jombang, Wali Murid Wajib Tahu!

Penulis : Adi Rosul - Editor : Yunan Helmy

02 - May - 2024, 18:27

Placeholder
Kepala Disdikbud Jombang Senen. (Foto : Adi Rosul / JombangTimes)

JATIMTIMES - Penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang SMP segera dibuka oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jombang. Ada 4 jalur yang disiapkan.

Kepala Disdikbud Jombang Senen mengatakan, PPDB jenjang SMP kali ini disiapkan 4 jalur. Yakni jalur zonasi, afirmasi, prestasi dan pindah tugas orang tua.

Baca Juga : Tukang Las di Jombang Diringkus Polisi gegara Edarkan Sabu

"Jalur zonasi paling banyak, 50 persen dari daya tampung sekolah," ujarnya, Rabu (02/05/2024).

Selain itu, 15 persen disiapkan untuk jalur afirmasi, 5 persen jalur pindah tugas orang tua, dan 30 persen jalur prestasi. "Prestasi akademik dari nilai rapor peringkat 1-6. Prestasi nonakademik minimal tingkat kabupaten," kata Senen.

Senen mengungkapkan, ada perubahan peraturan pada PPDB 2024 ini. Kali ini, jalur zonasi wajib menggunakan kartu keluarga (KK) yang berisi nama orang tua sesuai dengan akta kelahiran, rapor, atau ijazah pada jenjang sebelumnya.

Sebelumnya hanya sebatas KK yang diterbitkan minimal satu tahun tanpa adanya persyaratan siapa wali yang ada dalam KK tersebut. Senen menambahkan, perubahan KK yang bisa ditoleransi kurang dari satu tahun hanya jika ada penambahan anggota keluarga, kecuali calon siswa.

Atau pengurangan anggota keluarga jika ada yang meninggal dunia atau anggota keluarga yang pindah.

Baca Juga : Pj Wali Kota Kediri Beri Arahan di Sosialisasi Penilaian Mandiri dan Penjaminan Kualitas Maturitas Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi

"Untuk perubahan KK karena perpindahan harus disertai dengan kepindahan domisili seluruh keluarga yang ada pada KK tersebut. Jadi, kalau mau pindah KK juga sekaligus pindah tempat tinggalnya," tandasnya.

Sementara,  jika ada perbedaan nama orang tua di KK, maka KK terakhir harus dibuktikan dengan surat kematian atau surat perceraian. "Untuk verifikasi kebenaran data dalam KK, kami akan koordinasi dengan Dispendukcapil Jombang sesuai kewenangannya," pungkasnya.


Topik

Pendidikan Penerimaan siswa baru PPDB Jombang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Adi Rosul

Editor

Yunan Helmy