Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Pedagang Permasalahkan Kecurangan Pembagian Bedak, UPT Pasar Induk: Sudah Sesuai Prosedur

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : Yunan Helmy

02 - May - 2024, 18:13

Placeholder
Kepala UPT Pasar Induk Among Tani Kota Batu Agus Suyadi.

JATIMTIMES - Pembagian bedak pasar telah dilakukan Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu untuk pedagang Pasar Induk Among Tani. Namun, prosesnya dipermasalahkan dan dianggap ada indikasi kecurangan yang merugikan. Masalah itu lalu diadukan ke DPRD.

Kepala UPT Pasar Induk Among Tani Agus Suyadi menanggapi  adanya dugaan kecurangan pembagian bedak. Menurut dia, pembagian bedak oleh Diskumdag Kota Batu telah dilakukan secara transparan dan sesuai prosedur melibatkan unsur kepolisian dan TNI serta pedagang.

Baca Juga : 7 Tips Memilih Blender yang Tepat untuk Kebutuhan Sehari-hari

"Sesuai kan prosesnya begitu. Para pedagang juga menempati bedaknya sesuai hasil pengundian," ujar Agus ketika ditanya pasca-audiensi, Kamis (2/5/2024).

Agus  menjamin bahwa tidak ada jual beli bedak. Apalagi, setelah tahapan undian dan waktu penukaran, jika ada kesepakatan antarpedagang, kurang lebih dalam satu minggu setiap tahapnya. Untuk diketahui, pengundian bedak dilakukan dalam dua tahap berbeda.

"Ketika ada nomor undian yang tersisa karena tidak diambil pedagang, maka nomor itu kami titipkan ke polres. Terus gimana mau mempermainkan pembagian bedak. Masalahnya karena, yang menerima bedak strategis merupakan pedagang yang berseberangan dengan kelompok mereka," paparnya.

Terkait dengan undian pada bedak yang dipermasalahkan, yakni 145, Agus menyebut pada saat pengundian data yang bersangkutan belum lengkap. Sehingga hasil undian dianulir.

Baca Juga : Sejumlah Pedagang Pasar Induk Among Tani Batu Merasa Dicurangi soal Pembagian Bedak

"Karena di bedak 145 dulu ikut undian datanya belum lengkap, maka dianulir yang gelombang pertama. Dan di gelombang kedua kami undi lagi di gelombang kedua," terangnya.

Agus memastikan pembagian berdasarkan undian telah disampaikan keseluruhan. "Yang ditanyakan penyelewengan di pengundian. Kami tidak mungkin melakukan itu (kecurangan, red)," imbuhnya.


Topik

Peristiwa Pasar Induk Among Tani Kota Batu pedagang pasar Kota Batu pembagian bedak



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

Yunan Helmy