Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik Pilkada Kota Surabaya

Golkar Siapkan Ketua Projo Jatim Bentuk Poros Baru di Pilwali Surabaya

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : Yunan Helmy

02 - May - 2024, 16:38

Placeholder
Bayu Airlangga bersama Ketua DPD Golkar Jatim M. Sarmuji.

JATIMTIMES - DPD Golkar Jatim tengah menyiapkan kadernya, Bayu Airlangga, untuk diusung maju di Pilwali Kota Surabaya 2024. Untuk itu, Golkar siap berkoalisi dengan partai politik lain di Surabaya.

Ketua DPD Golkar Jatim M. Sarmuji mengatakan Golkar memiliki 5 kursi di DPRD Kota Surabaya. Perlu 5 kursi lagi untuk membuat poros baru dan bisa mengusung calon sendiri.

Baca Juga : Tingkatkan Performa, Kementerian BUMN Integrasikan Penyedia Logistik di PIER dan Teluk Lamong

"Kalau disambut oleh partai lain,  kami bisa mengusung. Karena kalau kami sendiri masih belum cukup kursi, mengingat jumlah kursi kami hanya 5 kursi di Surabaya," kata Sarmuji, Kamis (2/5/2024).

Sarmuji mengatakan Golkar perlu berkoalisi dengan partai lain untuk menggenapkan total kursi menjadi 10 untuk mengusung Bayu. "Kami butuh 5 kursi lagi untuk mengusung Mas Bayu," tegas Sarmuji.

Sementara Wakil Sekretaris Bidang Kaderisasi DPD Golkar Jatim Aan Ainur Rofik menyebut Bayu sosok muda yang potensial untuk memimpin Kota Pahlawan 5 tahun ke depan.

"Bayu sosok muda, punya jejaring pemerintahan. Bayu juga memiliki visi dan misi ke depan ini, penting menjadikan Kota Surabaya sebagai pusat jasa dan perdagangan pasca-perpindahan IKN," kata Aan.

Aan mengatakan Bayu punya pengalaman sebagai anggota DPRD Jatim periode 2019-2024. Selain itu, Bayu juga memiliki relasi yang baik dengan tokoh-tokoh politik nasional.

Lebih lanjut, Aan berharap parpol yang berada di Koalisi Indonesia Maju dalam Pilpres 2024 bisa kembali bersama untuk mengusung calon di Pilkada Surabaya 2024.

Baca Juga : Kado Hardiknas, Pemkab Jember Luncurkan Si ANAK SENJA dan Si JELITA

"Tinggal duduk bersama dengan parpol Koalisi Indonesia Maju, dan saya yakin adanya semangat bersama untuk membawa Surabaya lebih baik ke depannya," tandas Aan.

Sebelumnya nama Bayu Airlangga yang saat ini menjabat sebagai wakil ketua DPD Golkar Jatim masuk bursa cawali Surabaya 2024 menurut survei ARCI. Elektabilitas menantu Soekarwo (Pakde Karwo) itu berada di angka 8,7%. Bayu sendiri saat ini juga menjabat sebagai ketua DPD Pro-Jokowi (Projo) Jatim.

Dalam survei ARCI untuk calon wali kota (cawali) secara keseluruhan, elektabilitas Eri Cahyadi di angka 46,2%. Kemudian Armuji di angka 11,7%, Reni Astuti 9,2%, Bayu Airlangga 8,7%, Hendro Gunawan 7,1%, Musyafa' Rouf 4,2%, Lucy Kurniasari 4,1%, Adi Sutarwijono 2,7%, Cahyo Harjo 1,8%, Arif Fathoni 1,3%, Erik Komala 0,5, Agus Mashuri 0,3%. Ada 2,2% responden yang belum menentukan pilihan.


Topik

Politik Bayu Airlangga Pilkada Kota Surabaya Golkar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

Yunan Helmy