Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Advertorial

Optimis PAD Meningkat Tahun 2025, Pemkab Situbondo Pasang Target Rp 330 Miliar

Penulis : Wisnu Bangun Saputro - Editor : Nurlayla Ratri

02 - May - 2024, 16:22

Placeholder
Bupati Situbondo, Karna Suswandi. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo optimis pendapatan asli daerah (PAD) bisa meningkat di tahun 2025. Bahkan Pemkab menargetkan pencapaian sebesar Rp330 miliar tahun depan. 

Target tersebut mengalami kenaikan Rp30 miliar bila dibandingkan dengan target PAD di tahun 2024 sebesar Rp300 miliar.

Baca Juga : LBH Mitra Santri Gugat BPN 111 Miliar Terkait Hak Guna Usaha PT Printam

Untuk merealisasikan hal tersebut, Bupati Situbondo, Karna Suswandi memerintahkan punggawanya untuk bekerja keras. Terutama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengampu PAD untuk memaksimalkan sektor-sektor penghasil PAD, utamanya sektor pajak.

"Kita harus bekerja keras untuk mencapai target itu. Lebih-lebih sekarang pajak kendaraan bermotor sudah ada di kabupaten," ujarnya kepada awak media.

Kenaikan target tersebut dibeberkan usai Karna menghadiri acara halal bihalal keluarga besar Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Situbondo, Selasa, 30 April 2024.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Bung Karna ini menyampaikan kenaikan target PAD ini bertujuan agar Pemkab Situbondo tidak lagi bergantung pada dana transfer dari pemerintah pusat. Dengan naiknya PAD, diharapkan mampu menciptakan kemandirian fiskal. 

"Karena saya melihat bantuan pemerintah pusat semakin lama semakin menurun. Sejalan dengan itu, kita berharap kemandirian fiskal pemerintah daerah terus ditingkatkan," tegasnya. 

Baca Juga : 5 Kota/Kabupaten di Jawa Timur Ini Paling Rajin Sekolah, Tingkat Partisipasinya Tertinggi

Dengan kemandirian fiskal ini, sambung Bung Karna, akan menjadikan Pemkab Situbondo lebih maksimal lagi dalam menjalankan berbagai program. Mulai pembangunan infrastruktur maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Sehingga kabupaten yang kita cintai ini semakin berkembang dan masyarakat semakin sejahtera," pungkasnya. (ADV)


Topik

Advertorial Situbondo Karna Suswandi PAD peningkatan target



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wisnu Bangun Saputro

Editor

Nurlayla Ratri