Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Hardiknas, SMA Progresif Bumi Shalawat Terbangkan Harapan untuk Peningkatan Pendidikan Sidoarjo

Penulis : Nur Hidayah - Editor : Yunan Helmy

02 - May - 2024, 16:05

Placeholder
Siswi SMA Progresif Bumi Sholawat saat menuliskan harapan dan pelepasan balon.

JATIMTIMES - Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024, SMA Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo membuat seminar tangkal radikalisme. 

Selain itu, lewat secarik kertas, ratusan siswa menuliskan kalimat harapan dan saran mereka untuk keberlangsungan pendidikan di Indonesia, terutama Kabupaten Sidoarjo. Selanjutnya harapan dan saran tersebut mereka terbangkan lewat balon udara. 

Baca Juga : Pemkab Jember Raih Penghargaan Muri, Bupati: Kado Hari Pendidikan Nasional

Berbagai kalimat harapan ditulis siswa. Selanjutnya satu per satu diterbangkan ke atas awan menggunakan balon. Sedangkan untuk kalimat saran, dilakukan prosesi pembakaran di satu tungku. Harapannya, sistem yang kurang baik dapat tergantikan dengan sistem pendidikan baru yang lebih baik lagi. 

"Momen peringatan Hardiknas tahun 2024 menjadi bagian dari upaya sekolah mendorong transformasi pendidikan di Indonesia," ungkap Misbachul Munir, kepala SMA Progresif Bumi Shalawat  Kamis (2/5/2024).

Menurut dia, peringatan ini menjadi momentum penting bagi SMA Progresif Bumi Shalawat,l untuk memperkuat komitmen membentuk generasi yang tangguh, cerdas, dan berkarakter.

"Dalam menghadapi tantangan zaman, sekolah kami berusaha untuk melahirkan generasi santri atau siswa yang tidak hanya unggul dalam bidang akademik, namun juga  memiliki kedalaman nilai moral dan kebangsaan," katanya.

Di tengah gejolak radikalisme yang masih mengintai, SMA Progresif Bumi Shalawat berkomitmen untuk menjadi garda terdepan melahirkan generasi santri bebas dari pengaruh yang merusak.

"Kami percaya, pendidikan yang berkualitas adalah kunci utama dalam mencegah penyebaran radikalisme dan ekstremisme," ucap Munir. 

 Munir menyampaikan, melalui pendekatan holistik, proses pembelajaran tak hanya menyediakan pengetahuan akademik, tetapi juga membentuk karakter yang kuat, kepedulian sosial, dan kecintaan terhadap negara.

Baca Juga : Serius Maju di Pilkada Jember, H. Nanang Datangi 2 Partai Sehari

Pihaknya memastikan, setiap siswa dilengkapi dengan pemahaman yang mendalam akan nilai kemanusiaan, toleransi, dan perdamaian. Sehingga ia mengajak semua pihak, khususnya orang tua dan masyarakat, untuk mendukung hal tersebut. 

"Hal itu demi generasi penerus bangsa. Bersama-sama, kita ciptakan masa depan pendidikan Indonesia yang lebih cerah dan bermakna. Hal tersebut sebagai bentuk mewujudkan visi sekolah kami yaitu peduli kepada aktivitas kemanusiaan," tandasnya. 

Indri Nuriyah Baiti, salah satu siswi kelas 12, mengaku senang bisa terlibat langsung dalam kegiatan Hardiknas. Ia berharap, dunia pendidikan akan semakin baik.

"Alhamdulillah senang rasanya bisa memperingati hari Pendidikan Nasional. Saya juga menulis sebait harapan kami tentang dunia pendidikan. Mudah-mudahan  pendidikan akan semakin baik ke depannya," pungkasnya.


Topik

Pendidikan Hardiknas SMA Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo tangkal radikalisme



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nur Hidayah

Editor

Yunan Helmy