Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Disdikbud Kota Malang Tak Wajibkan Sekolah Gelar Wisuda

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Nurlayla Ratri

02 - May - 2024, 15:03

Placeholder
Kepala Disdikbud Kota Malang, Suwarjana (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang tak mewajibkan sekolah untuk menggelar pesta wisuda. Hal itu disampaikan Kepala Disdikbud Kota Malang, Suwarjana pada peringatan Hardiknas pada 2 Mei 2024 di Balai Kota Malang.

Suwarjana mengatakan bahwa pihaknya tak ingin ada polemik didalam lingkungan pendidikan. Terutama terkait masalah wisuda yang kadang dikeluhkan masyarakat.

Baca Juga : 5 Kota/Kabupaten di Jawa Timur Ini Paling Rajin Sekolah, Tingkat Partisipasinya Tertinggi

Suwarjana menyebut bahwa pesta wisuda yang ada di SD dan SMP di Kota Malang bersifat sunnah. Artinya jika tidak dilaksanakan juga tidak ada persoalan dalam hal ini pihaknya menegaskan tidak ada larangan dan tidak ada anjuran.

“Terkait dengan wisuda dari Dinas Pendidikan Kota Malang sendiri tidak melarang dan tidak menganjurkan untuk wisuda,” kata Suwarjana, Kamis (2/5/2024).

Jika memang ada sekolah di Kota Malang menggelar wisuda, Suwarjana mengaku pada prinsipnya harus datang dari inisiatif wali murid. Pihaknya tak ingin ada permasalahan yang datang karena pesta wisuda.

Dalam hal ini semua panitia hingga penyelenggara harus berada di tangan wali murid atau komite. Suwarjana mengingatkan agar sekolah tidak masuk dalam penyelenggara.

“Wisuda kami serahkan kepada wali murid. Sekolah tidak boleh ikut campur, kalau memang ada wisuda silahkan, tapi yang menangani wali murid dan komite,” tegas Suwarjana.

Baca Juga : Kado Hardiknas, Pemkab Jember Luncurkan Si ANAK SENJA dan Si JELITA

Sementara itu, jika nantinya ada salah satu wali murid yang tidak mampu membayar biaya wisuda. Maka wisuda tidak bisa diselenggarakan.

“Prinsip kami dalam satu sekolah, satu ikut wisuda semua harus ikut wisuda, kalau satu tidak ikut jadi semua tidak wisuda,” tutupnya.


Topik

Pendidikan Disdikbud Kota Malang Suwarjana wisuda sekolah



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Nurlayla Ratri