Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Kado Hardiknas, Pemkab Jember Luncurkan Si ANAK SENJA dan Si JELITA

Penulis : Moh. Ali Mahrus - Editor : Nurlayla Ratri

02 - May - 2024, 13:07

Placeholder
Bupati Jember H. Hendy Siswanto saat me launching program si Anak Senja dan si Jelita (foto : Moh. Ali Makrus / Jember TIMES)

JATIMTIMES - Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Pemerintah Kabupaten Jember diwarnai launching dua program inovatif. Yakni Angkutan Sekolah Gratis (ANAK SENJA) dan Angkutan Jember Keliling Kota (JELITA) oleh Dinas Perhubungan, Kamis (02/05/2024).

Peluncuran program ANAK SENJA dan JELITA di Alun-alun Jember ini memang bertepatan dengan momentum Hardiknas. Bupati Jember Hendy Siswanto menyebut tujuan program ini untuk meningkatkan akses transportasi publik bagi masyarakat Kabupaten Jember. Selain itu juga mendukung pengembangan pariwisata lokal.

Baca Juga : Banjir Diskon Grand Opening Gramedia di Malang Olympic Garden hingga 70 Persen, Jadi Gerai ke 127 di Indonesia

"Hari ini, dengan resmi, kami Pemkab Jember, meluncurkan 2 program inovatif, yakni program Anak Senja dan program Jelita. Mudah-mudahan program ini mampu mendukung masyarakat Jember, terutama para, pelajar, serta dapat mendukung pengembangan pariwisata lokal," ujar Bupati Jember H. Hendy Siswanto. 

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jember Agus Wijaya berharap peluncuran program ANAK SENJA dan JELITA ini bisa memberikan kontribusi positif. Khususnya bagi masyarakat Kabupaten Jember, baik dalam hal pendidikan maupun pariwisata.

"Kami mengundang semua pihak untuk turut serta dalam mendukung dan memanfaatkan program ini. Dinas Perhubungan Kabupaten Jember bertanggung jawab atas pengelolaan dan pengembangan sistem transportasi publik. Misi kami adalah untuk menyediakan layanan transportasi yang aman, terjangkau, dan berkelanjutan bagi masyarakat,” ujarnya.

Adapun program ANAK SENJA merupakan akronim dari “Anak Keren Sekolah Antar Jemput Angkot”. Program ini disiapkan untuk antar jemput siswa/siswi berangkat dan pulang sekolah dengan memberdayakan armada angkutan kota tanpa dipungut biaya.

Tujuannya adalah untuk menjamin pelayanan angkutan ke sekolah, mengurangi risiko penggunaan sepeda motor oleh siswa/siswi yang belum cukup umur, serta mengurangi angka putus sekolah.

Baca Juga : Sampaikan Paparan Visi Misi di Partai Golkar, Faida Disebut Petarung Terampil

Saat ini, sudah ada 32 armada yang beroperasi dari total 41 armada yang disiapkan. Sebanyak 13 sekolah telah mendapatkan manfaat dari program ANAK SENJA yang tersebar di berbagai kecamatan di Kabupaten Jember. Seperti Kaliwates, Patrang, Sumbersari, Mayang, Pakusari, dan Ambulu. 

Sementara, Angkutan Jember Keliling Kota (JELITA), JELITA adalah sarana pendukung untuk meramaikan destinasi wisata lokal di Kabupaten Jember dan sebagai etalase promosi pariwisata.

Program wisata bersama JELITA akan didampingi oleh pemandu wisata yang kompeten dan disediakan secara gratis bagi masyarakat. Pemerintah Kabupaten Jember dan Dinas Perhubungan telah memastikan bahwa armada angkutan umum yang melayani ANAK SENJA memenuhi persyaratan teknis laik jalan dan keselamatan. Pihak Dishub juga telah melakukan koordinasi dengan sekolah-sekolah yang menjadi tujuan rute angkutan. (*) 


Topik

Pemerintahan Jember angkutan umum anak senja Jelita gratis



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moh. Ali Mahrus

Editor

Nurlayla Ratri