Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Agama

Api Neraka Menjauhi Mata Manusia yang Mengangis karena Hal Ini

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

02 - May - 2024, 11:47

Placeholder
Ilustrasi (pixabay)

JATIMTIMES - Neraka menjadi tempat bagi mereka para pendosa dan yang mengikari Allah SWT.  Hal itu telah dijelaskan dalam Al-Qur'an surah At-Taubah ayat 63, "Tidakkah mereka (orang-orang munafik) mengetahui bahwa siapa yang menentang Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya neraka jahanamlah baginya. Dia kekal di dalamnya. Itulah kehinaan yang besar."

Panas api neraka beribu-ribu kali lipat dari panasnya neraka. Tubuh-tubuh para penghuni neraka akan perlahan hancur menjadi abu dengan panasnya api neraka. Namun ada 2 bagian tubuh yang tak akan hancur dan bahkan tak tersentuh sedikitpun oleh api neraka.

Baca Juga : Cara Menjadi Kekasih Allah, Meski Sering Melakukan Dosa

Dari sebuah kitab At-Takhwif min an-Nar wa at-Ta'rif bihal dar al-Bawar karya Ibnu Rajab al-Hanbali yang diterjemahkan oleh Abdul Rosyad Shiddiq, Ibnu Abbas RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda tentang hal tersebut. 

Dalam hadits, Rasulullah bersabda bahwa memang dua mata tidak akan disentuh oleh api neraka. Namun, dua mata tersebut adalah dua mata yang menangis karena takut kepada Allah SWT dan dua mata yang selalu terjaga di jalan Allah SWT.

"Ada dua pasang mata yang tidak disentuh oleh api neraka, yakni mata yang menangis di keheningan malam karena takut kepada Allah, dan mata yang terjaga di jalan Allah Yang Mahaperkasa lagi Mahaagung." (HR Tirmidzi).

Dalam Syarah Riyadhush Shalihin, Abu Usamah Salim bin 'Ied Al-Hilali diterjemahkan M Abdul Ghoffar menjelaskan, 
bahwa menangis kepada Allah SWT akan membangkitkan sikap istiqamah dalam diri. 
Sikap ini dapat menjadi tameng atau pelindung dari azab perih.

Hadist riwayat Imam Ahmad, An Nasa'i al-Hakim), "Api neraka tidak mau menjilat mata yang selalu berlinang air mata di tengah malam karena takut kepada Allah. Api neraka juga tidak mau menjilat mata yang terjaga di jalan Allah".

Baca Juga : Risiko Menangis Saat Lahiran Menurut Para Ahli yang Jarang Diketahui Ibu-ibu

Api neraka juga tidak akan mengenai mata para umat manusia yang berjaga untuk membaca Al-Qur'an dan enggan melihat hal-hal yang diharam. Hal ini seperti diriwayatkan Al Jauzajani.

Dalam hadits itu Rasulullah SAW bersabda, "Api neraka enggan menjilat mata yang terjaga untuk membaca Kitab Allah. Api neraka juga enggan menjilat mata yang menangis karena takut kepada Allah. Selain itu, api neraka enggan menjilat mata yang tidak mau melihat hal-hal yang diharamkan oleh Allah atau sepasang mata yang menjadi buta di jalan Allah."


Topik

Agama Neraka api neraka neraka jahanam siksa neraka



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni