Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Mangkrak Lama, Terminal Hamid Rusdi Akan Jadi Tempat Relokasi Pedagang

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Dede Nana

01 - May - 2024, 19:31

Placeholder
Kepala Dishub Provinsi Jawa Timur Nyono bersama Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat meninjau Terminal Hamid Rusdi.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Terminal Hamid Rusdi yang ada di Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang rencananya akan dijadikan tempat relokasi bagi pedagang dari Pasar Gadang. Terutama pedagang yang biasanya banyak beraktivitas di pinggir sepanjang Jalan Rajasa. 

Rencana tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur Nyono. Rencana tersebut dimaksudkan agar Terminal Hamid Rusdi yang sudah mangkrak selama bertahun-tahun itu dapat kembali aktif jadi pusat aktivitas masyarakat. 

Baca Juga : Ganggu Lalu-Lintas, Sebagian Pedagang di Pasar Gadang akan Direlokasi

"Kemarin Pak Wali memberikan program ini dan kami menyambutnya dengan baik. Ini agar Terminal Hamid Rusdi yang sementara ini masih kurang optimal bisa maksimal," ujar Nyono, Selasa (1/5/2024) saat meninjau Terminal Hamid Rusdi bersama Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat. 

Dirinya juga menyebut, ide dari Pj Wali Kota Malang itu bisa dikolaborasikan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur. Mengingat terminal tipe B tersebut berada dalam kewenangan Dishub Provinsi Jawa Timur. 

"Nah adanya ide-ide dari Pak Wali tadi harapannya bisa menarik kegiatan-kegiatan di sini. Tujuannya supaya terminal ini bisa menjadi pusat aktivitas baru yang nantinya banyak orang ke sini," jelas Nyono. 

Kepala Dishub Provinsi Jawa Timur Nyono bersama Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat meninjau Terminal Hamid Rusdi.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

Menurutnya, jika jadi direlokasi, nantinya aktivitas pedagang akan dapat turut mendatangkan angkutan umum untuk masuk dan beraktivitas di Terminal Hamid Rusdi. Hingga secara berangsur, fungsi terminal bisa kembali optimal. "Kami juga ingin secepatnya bisa direalisasikan," imbuh Nyono. 

Saat ini, dirinya pun juga belum tahu secara pasti, apa yang menjadi penyebab Terminal Hamid Rusdi itu menjadi sepi bahkan terkesan mangkrak. Hal tersebut nampak dari kondisi terminal yang banyak ditumbuhi rumput liar meskipun sudah dibangun dengan beralas paving. 

Hanya saja, dirinya memperkirakan bahwa salah satu alasan terminal itu sepi adalah kemacetan yang terjadi di Pasar Gadang. Mengingat posisi terminal yang masih satu jaringan dengan jalan menuju Pasar Gadang disinyalir membuat orang enggan untuk datang ke Terminal Hamid Rusdi. 

Baca Juga : Selain Tiga Hotel, Pasar Modern Baru Rencana Akan Hadir di Kota Malang

"Nah maka perlu solusi yang disampaikan Pak Wali tadi dan itu kita sambut dengan baik. Kita akan berkolaborasi dengan Pak Wali untuk bisa memberikan solusi," jelas Nyono. 

Ia juga menyampaikan, ada beberapa trayek yang sifatnya antar Kabupaten Kota atau masuk di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang menghubungkan ke kawasan pariwisata pantai selatan di Kabupaten Malang.

"Terminal tersebut sebenarnya juga menyediakan angkutan umum dengan trayek antar kota dalam propinsi," jelas Nyoto. 


Topik

Pemerintahan terminal hamid rusdi pj wali kota malang dishub jatim relokasi pedagang pasar gadang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Dede Nana