Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Siap-Siap, Sejumlah Bantuan Pemerintah Ini Bakal Cair pada Mei 2024 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : A Yahya

01 - May - 2024, 18:31

Placeholder
Ilustrasi uang sebagai bentuk pencairan bansos. (Foto: iStock)

JATIMTIMES - Pencairan bantuan sosial atau bansos terus digelontorkan oleh pemerintah. Paling anyar pada Mei 2024, pemerintah bakal menyalurkan berbagai program bansos untuk warga yang terdata sebagai penerima manfaat. 

Lantas apa saja bansos yang diprediksi bakal caor pada Mei 2024? Melansir akun instagram pekerja sosial Jihan Nabila, setidaknya ada 3 bantuan sosial yang sedang dipersiapkan pada Mei 2024, yakni sebagai berikut:

1. Program Kartu Prakerja Gelombang 67

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

Program ini direncanakan bakal buka kembali bulan Mei. Insentif yang akan didapatkan penerima sebesar Rp 700.000 dan biaya pelatihan sebesar Rp 4,2 juta.

2. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Periode Mei – Juni via KKS

Pencairan BPNT akan dilakukan pada bulan Mei 2024 untuk KPM BPNT murni dan juga KPM PKH plus BPNT. Bantuan tersebut senilai Rp 200 ribu per bulan, siap masuk ke kantong KPM yang dapat diambil di PT Pos Indonesia terdekat.

Namun, khusus untuk pencairan lewat PT Pos Indonesia, KPM akan mencairkan BPNT 3 bulan sekaligus. Sehingga, KPM akan mendapatkan bantuan sebanyak Rp600 ribu dalam sekali pencairan.

3. Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap 3 Periode Mei Juni via KKS

Baca Juga : Bupati Mak Rini Tunda Pendaftaran di PKB, Berikut Penjelasannya

KPM PKH plus BPNT juga akan mencairkan Bansos PKH pada bulan Mei 2024. Bantuan yang akan diterima sesuai dengan komponen yang dimiliki di dalam keluarga mulai dari Rp225 ribu hingga Rp750 ribu.

Sama seperti BPNT, KPM dapat mencairkan Bansos PKH dengan mendatangai kantos Pos Indonesia terdekat.

Demikian 3 bansos yang diprediksi cair pada Mei 2024. Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkap alasan Bantuan Langsung Tunai (BLT) mitigasi risiko pangan tak kunjung cair. Menurut Airlangga, saat ini pemerintah tengah memantau postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Namun, dirinya belum dapat memastikan BLT tersebut akan disalurkan.


Topik

Peristiwa bansos bansos bulan mei bansos cair bulan ini apa bansos



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

A Yahya