Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Peserta Aksi Hari Buruh Dibuat Salfok, Emak-Emak Berebut Selfie Bareng Kapolres Situbondo

Penulis : Wisnu Bangun Saputro - Editor : Nurlayla Ratri

01 - May - 2024, 13:35

Placeholder
Emak-emak masa aksi peringatan hari buruh 2024 di kabupaten Situbondo saat berebut Selfie dengan Kapolres Situbondo, Rabu (1/5/2024). (Foto: Wisnu Bangun Saputro/ JATIMTIMES)

JATIMTIMES - Ribuan buruh di kabupaten Situbondo melakukan aksi peringatan Hari Buruh 2024. Masa aksi yang tergabung dalam Serikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) tersebut melakukan aksinya di depan kantor Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans), Rabu (1/5/2024).

Kegiatan yang diikuti oleh buruh kerja se Kabupaten Situbondo itu tentunya mendapatkan pengawalan ketat dari Polres Situbondo. Bahkan Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto turun langsung meninjau lokasi aksi.

Baca Juga : Peringati May Day, Pj Wali Kota Malang: Jangan Lupa Esensi Perjuangan Kaum Pekerja 

Uniknya, kedatangan Kapolres Situbondo tersebut malah membuat peserta aksi khususnya emak-emak malah salah fokus. Bukannya fokus aksi kalah berebut meminta foto selfie dengan Kapolres AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto.

Bukannya risih, Kapolres muda itupun tanpa ragu berbaur bersama masa. Bahkan sesekali berdialog ke para massa guna menyampaikan pesan-pesan agar menjaga situasi tetap aman dan kondusif.

Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto mengatakan pihaknya tak hanya hadir sebagai aparat yang mengamankan jalannya aksi damai para buruh. Namun dengan menampilkan sisi humanis sehingga aksi damai memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day berjalan dengan tertib.

"Polri melaksanakan tugas pengamanan dengan humanis, karena negeri kita sangat demokratis. Penyampaian pendapat di muka umum menjadi hak warga negara yang harus kami layani," ucap Kapolres Situbondo.

Dalam aksi unjuk rasa tersebut, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto menyebut aksi damai para buruh memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day berjalan dengan tertib. Tidak ada ketegangan antara Polisi dengan massa buruh, justru sebaliknya suasana terlihat cair ketika aksi bagi-bagi air mineral. 

Baca Juga : Ribuan Masa Sarbumusi Situbondo Turun Jalan Sampaikan 4 Tuntutan di Hari Buruh 2024

"Alhamdulillah, kami bisa mengawal dan mengamankan peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day dengan aman, tertib dan lancar. Ini adalah tugas Polri melayani masyarakat dalam hal ini para buruh yang saat ini menyampaikan aspirasi mereka kepada Pemerintah," pungkasnya

Peringatan Hari Buruh 2024 di Kabupaten Situbondo diwarnai aksi damai yang dilakukan oleh para buruh yang tergabung dalam Serikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) dan Serikat KBKI Kabupaten Situbondo.


Topik

Peristiwa Situbondo hari buruh



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wisnu Bangun Saputro

Editor

Nurlayla Ratri

Peristiwa

Artikel terkait di Peristiwa