Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Ekonomi

Jadi Sorotan DPRD Jatim, Gresik Daerah Industri tapi Ekonominya Tumbuh di Bawah Rata-rata

Penulis : Muhammad Choirul Anwar - Editor : Dede Nana

24 - Apr - 2024, 17:45

Placeholder
Anggota Komisi B DPRD Jawa Timur (Jatim) Ahmad Iwan Zunaih.

JATIMTIMES - Angka pertumbuhan ekonomi Kabupaten Gresik menjadi sorotan anggota Komisi B DPRD Jawa Timur (Jatim) Ahmad Iwan Zunaih. Terlebih, Kabupaten Gresik merupakan salah satu daerah di Jatim dengan sektor industri sebagai pendongkrak perekonomian utama.

Namun, Kabupaten Gresik masih menghadapi persoalan terkait pertumbuhan ekonomi yang belum maksimal. Hal tersebut menurutnya menjadi pekerjaan rumah bersama, sehingga perlu adanya penguatan kolaborasi.

Baca Juga : Belum Terealisasi, DPRD Soroti Wacana Pengelolaan Taman Melalui CSR Pengusaha

Iwan menyampaikan, meskipun sebagai daerah dengan sektor industri pengolahan, ekonomi Gresik masih tumbuh di bawah rata-rata. "Gresik di triwulan akhir 2023 pertumbuhan ekonominya hanya 4,62 persen masih di bawah rata-rata pertumbuhan ekonomi Jatim yang menyentuh angka 4,95 persen dan nasional sebesar 5,04 persen," ujar pria yang akrab disapa Gus Iwan itu, Rabu (24/4/2024).

Politisi asal fraksi Partai NasDem tersebut menyayangkan pertumbuhan perekonomian Gresik yang belum maksimal, mengingat 50 persen struktur ekonomi di Gresik merupakan industri pengolahan yang sangat potensial.

"Struktur mayoritas perekonomian di Gresik ini kan industri pengolahan, artinya ada bahan yang diolah, seharusnya Gresik mampu untuk memanfaatkan peluang ini untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Gresik, misalnya dengan memberdayakan secara maksimal supplier lokal," jelasnya.

Gus Iwan berpendapat, pertumbuhan ekonomi di Gresik sangat dipengaruhi oleh iklim investasi. Semakin baik iklim investasi di Gresik maka sangat mudah untuk menarik pelaku usaha atau investor.

"Iklim investasi ini diciptakan melalui regulasi yang ramah terhadap investor, lalu SDM yang memadai dan stabil. Hal tersebut harus menjadi perhatian dari pihak terkait terutama birokrat setempat," tuturnya.

Baca Juga : KONI Jatim Beber Hasil Survei Venue Porprov IX/2025 di Malang Raya, Tinggal Dipercantik

Karena itu, ia mendorong adanya simbiosis yang baik antara birokrat dengan pelaku usaha untuk dapat sama-sama menciptakan perekonomian di Gresik lebih baik lagi dan berkelanjutan.

"Simbiosis atau kerja sama antara birokrat dengan pelaku usaha ini penting, birokrat jangan hanya serta merta memanfaatkan investor untuk kepentingan pribadi/kelompok," ungkap Gus Iwan.

"Banyak kasus di daerah, terjadi merosotnya perekonomian karena birokrat dan pelaku usaha tidak dapat bekerjasama untuk memajukan perekonomian daerah. Ini yang harus dihindari mengingat modal Gresik untuk jadi daerah dengan ekonomi maju ini banyak," sambungnya.


Topik

Ekonomi ekonomi gresik dprd jatim pertumbuhan ekonomi gresik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhammad Choirul Anwar

Editor

Dede Nana