Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Pembukaan Pelatihan Kerja Disnaker Situbondo 2024, 16 Difabel Lolos Seleksi

Penulis : Wisnu Bangun Saputro - Editor : Dede Nana

22 - Apr - 2024, 16:05

Placeholder
Salah satu peserta Difabel yang mengikuti pelatihan kerja Disnakertrans Situbondo, Senin (22/4/2024). (Foto: Wisnu Bangun Saputro/ JATIMTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Situbondo memfasilitasi kegiatan keterampilan kerja Fresh Graduate melalui program pelatihan kerja berbasis kompetensi, Senin (22/4/2024). 

Pelatihan kerja yang dibuka langsung oleh Bupati Situbondo Karna Suswandi itu diikuti oleh 172 orang fresh graduate.

Baca Juga : Terjerat Korupsi Dana Desa, Mantan Kades Wringinanom Ditahan Kejari Situbondo

Karna Suswandi mengatakan, pelatihan kerja tersebut dirancang sesuai kompetensi dan kebutuhan dunia kerja saat ini. 

"Pelatihan keterampilan bagi pencari kerja ini berdasarkan klaster kompetensi dan produktivitas tenaga kerja," jelas Karna kepada sejumlah wartawan.

Dengan kegiatan pelatihan ini, lanjut Karna, diharapkan dapat mengasah dan memperkaya pengetahuan serta keterampilan dan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas kerja dalam mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja.

"Kami juga berharap peserta pelatihan bisa menjadi wirausahawan dan tidak hanya fokus mencari kerja di perusahaan. Bangun pola pikir bagaimana memiliki usaha sendiri, manfaatkan pelatihan kerja ini sebaik mungkin," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Situbondo Kholil menjelaskan jika kegiatan ini sebagai upaya mempersiapkan diri dalam dunia kerja sekaligus menekan angka pengangguran.

Lebih lanjut, Kholil menyebutkan dari 172 orang peserta, 16 orang diantaranya merupakan penyandang difabilitas.

"Sejumlah peserta pelatihan tersebut, termasuk 16 difabel nantinya akan terbagi menjadi 10 jenis pelatihan kerja berdasarkan kompetensinya," ungkapnya.

Baca Juga : Kisi-Kisi Lengkap UTBK-SNBT 2024 Versi Kemendikbud 

Adapun 10 jenis pelatihan kerja, kata Kholil seperti pelatihan menjahit, mengemudi, juru masak, pembuatan kue, barista, pemasaran, akuntansi, sablon, pengelasan dan pertukangan furniture.

Menurut Kholil, program pelatihan kerja tahun anggaran 2024 ini mengambil tema "Kickoff Pelatihan Berbasis Kompetensi Menuju Situbondo Berjaya".

Sebelumnya, kata Kholil, sudah dilakukan seleksi bagi peserta. "Sebelum melaksanakan kegiatan pelatihan kerja ini, Dinas Tenaga Kerja terlebih dahulu melakukan hasil survei ke masing-masing perusahaan di Tapal Kuda khususnya," tuturnya.

Pelatihan kerja ini, sambung Kholil, juga sudah menyesuaikan sesuai permintaan berbagai perusahaan. "Pelatihan ini dilaksanakan minimal 16 hari," pungkasnya.


Topik

Peristiwa bupati situbondo disnakertrans situbondo penyandang difabel pelatihan kerja



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wisnu Bangun Saputro

Editor

Dede Nana