Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Ekonomi

Jenis-Jenis Pekerjaan yang Berpotensi Digantikan AI di Masa Depan

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Redaksi

22 - Apr - 2024, 14:41

Placeholder
Ilustrasi (Foto: Unsplash)

JATIMTIMES - Perkembangan kecerdasan buatan (AI) yang pesat membawa dampak besar pada berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia kerja. Kemampuan AI dalam menyelesaikan tugas-tugas repetitif dan menganalisis data secara akurat menimbulkan kekhawatiran bahwa banyak pekerjaan akan digantikan oleh mesin di masa depan.

Berikut adalah beberapa jenis pekerjaan yang berpotensi digantikan AI:

1. Pekerjaan Rutin dan Berulang:

  • Pekerja manufaktur: AI mampu melakukan tugas-tugas perakitan dan produksi dengan presisi dan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan manusia.
  • Operator data entry: AI dapat memproses dan menganalisis data dengan lebih cepat dan akurat, sehingga mengurangi kebutuhan akan tenaga kerja manusia untuk memasukkan data secara manual.
  • Telemarketing: AI dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon otomatis dan berinteraksi dengan pelanggan secara virtual, menggantikan peran telemarketer manusia.
  • Kasir: Sistem checkout mandiri yang menggunakan AI sudah mulai diterapkan di beberapa supermarket, dan diprediksi akan semakin meluas di masa depan.

2. Pekerjaan yang Membutuhkan Analisis Data:

  • Analis keuangan: AI mampu menganalisis data keuangan dengan lebih cepat dan akurat untuk mengidentifikasi tren dan membuat prediksi, sehingga mengurangi kebutuhan akan analis keuangan manusia.
  • Ahli radiologi: AI dapat membantu dokter dalam mendiagnosis penyakit dengan menganalisis gambar medis seperti X-ray dan MRI dengan lebih cepat dan akurat.
  • Pustakawan: AI dapat membantu pengguna menemukan informasi di perpustakaan dengan lebih cepat dan mudah, sehingga mengurangi kebutuhan akan pustakawan manusia.

3. Pekerjaan yang Membutuhkan Kemampuan Berkomunikasi:

  • Customer service representative: AI chatbot dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan pelanggan dan menyelesaikan masalah mereka secara virtual, menggantikan peran customer service representative manusia.
  • Pengajar: AI dapat digunakan untuk memberikan materi pembelajaran secara personal dan interaktif kepada siswa, sehingga mengurangi kebutuhan akan pengajar manusia.
  • Jurnalis: AI dapat digunakan untuk menulis artikel berita dan menghasilkan konten lainnya secara otomatis, sehingga mengurangi kebutuhan akan jurnalis manusia.

Penting untuk diingat bahwa AI tidak akan sepenuhnya menggantikan pekerjaan manusia. AI akan lebih fokus pada tugas-tugas yang bersifat repetitif dan membutuhkan analisis data, sedangkan manusia akan lebih fokus pada pekerjaan yang membutuhkan kreativitas, empati, dan interaksi sosial, seperti halnya pekerjaan asisten rumah tangga yang tidak hanya membutuhkan tenaga namun juga “kecerdasan” emosional dan empati yang baik. Informasi lowongan pekerjaan asisten rumah tangga, supir, staf admin dan lainnya tersedia banyak di info loker Karawang OLX jika Anda membutuhkannya.

Oleh karena itu, penting bagi pekerja untuk terus mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka agar dapat beradaptasi dengan perubahan di dunia kerja yang disebabkan oleh AI. Pekerja yang memiliki keterampilan yang komplementer dengan AI, seperti kreativitas, empati, dan kemampuan memecahkan masalah, akan lebih memiliki peluang untuk sukses di masa depan.

Selain itu, pemerintah dan institusi pendidikan juga perlu beradaptasi dengan perubahan ini dengan menyediakan pelatihan dan pendidikan yang fokus pada pengembangan keterampilan yang dibutuhkan di era AI.

Baca Juga : Dinas PU Bina Marga Alokasikan Rp 2,5 Miliar Benahi Jalan Rajekwesi Kalipare yang Ambrol

 

Dengan persiapan yang matang, dampak negatif dari disrupsi teknologi AI terhadap dunia kerja dapat diminimalisir, dan bahkan dapat membuka peluang baru untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang belum pernah ada sebelumnya. Namun demikian di Indonesia yang punya banyak tenaga kerja akan selalu ada lowongan pekerjaan padat karya seperti di info loker Karawang OLX.


Topik

Ekonomi lowongan kerja lowongan pekerjaan pekerjaan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Redaksi